Home OLAHRAGA Kalahkan Hongkong 3-1, Selanjutnya Timnas Lawan UEA

Kalahkan Hongkong 3-1, Selanjutnya Timnas Lawan UEA

666
0
SHARE

Timnas Indonesia luar biasa, saat menghadapi Hongkong. Kebobolan terlebih dahulu di babak pertama, mengamuk di babak kedua dan memukul Hongkong 3-1, pada laga terakhir Grup A sepakbola Asian Games, di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin malam (20/8). Dengan kemenangan ini, Indonesia bercokol di puncak klasemen grup A mengemas poin 9. Uni Emirates Arab (UEA) akan menjadi lawan Indonesia selanjutnya di babak 16 Besar, yang bakal berlangsung Jumat 24 Agustus, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. UEA lolos ke babak 16 Besar berstatus peringkat ketiga Grup C di bawah China dan Suriah.

Pada pertandingan kemarin malam, Hong Kong ungul terlebih dahulu lewat gol Hok Ming di babak pertama. Namun, Indonesia mampu membalikan keadaan di babak kedua lewat gol Irfan Jaya, Stefano Lilipaly dan Hanif Sjahbandi. Awal babak pertama tempo permainan berjalan lamban. Hongkong lebih banyak memainkan bola di lini tengah.

Evan Dimas dan Ricky seperti kesulitan mengalirkan bola ke lini depan. Sebaliknya, Hongkong lebih sering melakukan tekanan lewat kedua pemain sayapnya. Hingga pertengahan babak pertama, tak ada serangan berbahaya yang dilakukan kedua tim. Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves selalu kesulitan mendapatkan peluang.

Indonesia mendapat peluang mencetak gol di menit 32. Namun, sontekan Irfan Jaya masih mudah diamankan kiper Hong Kong, Ho Chun Yuen. Giliran Hongkong yang mendapat kesempatan membuat gol. Matthewelliot Kai yang lolos dari kawalan, tendangannya melambung jauh. Timnas Hongkong akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit 38. Memanfaatkan umpan lambung Hok Ming yang tak terkawal dengan mudah menceploskan bola ke gawang Andritany.

Di babak kedua, laga baru berjalan satu menit Indonesia mampu menyamakan kedudukan. Gol penyeimbang dicetak Irfan Jaya. Gol Irfan membuat pemain makin bersemangat untuk mencetak gol kedua. Stefano Lilipaly dan Irfan mulai merepotkan barisan belakang lawan. Hongkong pun tak berani menyerang. Mereka lebih memilih bertahan total. Timnas Indonesia terus mengurung pertahanan Hongkong. Usaha keras pemain Indonesia akhirnya terbayar pada menit 84. Lilipaly yang sukses mengecoh bek Hongkong, dengan mudah menjebol gawang.

Unggul dua gol tak menyurutkan serangan. Akhirnya Hanif Sjahbandi menambah keunggulan, lewat skenario serangan balik. Mendapat umpan dari Lilipaly, ia mencetak gol ketiga. Indonesia mengumpulkan 9 poin dari tiga kemenangan dan sekali menelan kekalahan dari Palestina. Palestina sendiri lolos sebagai runner up dengan nilai delapan poin.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Luis Milla mengaku puas dan bangga atas perjuangan timnya. Selain melayangkan pujian pada para pemainnya, pelatih asal Spanyol itu juga mengapresiasi dukungan penuh suporter Indonesia yang memadati tribun penonton. Milla bahkan menyebut, kehadiran peman ke-12 timnya itu telah memberikan keyakinan dan energi besar bagi perjuangan timnya di lapangan.

“Bisa dibayangkan bahwa kami sangat senang dan bahagia dan kami harapkan kebahagiaan kami bisa dirasakan oleh para penonton,” ungkap Milla usai pertandingan seperti dikutip dari Goal. Milla mengaku takjub dengan dukungan tak henti suporter bahkan di saat timnya tertinggal di babak pertama. “Saya senang penonton tidak meninggalkan kami di masa sulit. Teriakan penonton membuat kami bangkit dan memberikan kami keyakinan bahwa kami bisa,” tandasnya. (psc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here