Home TANGERANG HUB Gerakan Menabung Kurban Terkumpul 35 Ekor Sapi

Gerakan Menabung Kurban Terkumpul 35 Ekor Sapi

1
SHARE
BAGI RATA: Panitia kurban tengah mengemas daging kurban untuk dibagikan kepada penerima di Masjid Raya Al-Azhom, Rabu (22/8). Panitia memotong 35 ekor sapi untuk didistribusikan kepada masyarakat. FOTO: Angger/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Jumlah hewan kurban yang disumbangkan masyarkat ke Masjid Al Azom untuk disembelih meningkat. Itu disebabkan karena tingginya kesadaran masyarakat melaksanakan kurban.

Ahmad Rofiqi, bendahara panitia kurban Masjid Al Azom menjelaskan, peningkatan sumbangan hewan yang akan dikurbankan di Masjid Al Azom didominasi oleh sapi yang jumlahnya mencapai 35 ekor. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya 23 ekor sapi. Namun, khusus jumlah kambing yang dikurbankan tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. “Kalau tahun 2017 ada 16 ekor kambing, tahun ini hanya terdapat 11 ekor,” ucapnya ketika ditemui Tangerang Ekspres, Rabu (22/8).

Rofiqi mengatakan, terdapat dua cara pendistribusian daging langsung ke masyarakat. Dimana khusus pada siang hingga sore hari diperuntukkan untuk ibu-ibu dan sore hari hingga sebelum maghrib peruntukannya bapak-bapak.  Menurut Rofiqi, dua cara tersebut mampu menekan kepadatan masyarakat yang ingin memperoleh jatah daging.

Rofiqi mengaku pemotongan ke 46 ekor binatang kurban tersebut dapat dilakukan selama satu hari. Sebab, pihaknya mengerahkan 100 orang tenaga bantuan dan 15 orang yang tergabung dalam tim jagal.

Pantauan langung dari seluruh hewan kurban, terdapat satu hewan

yang tidak layak untuk disembelih dari Dinas Koperasi dan UKM. Disebabkan usia hewan yang belum mencukupi untuk disembelih, sehingga sapi tersebut diganti dengan yang usianya sudah matang. Selama proses penyembelihan tedapat satu ekor sapi milik Sekda Kota Tangerang mengalami stres.

Akibatnya sapi sempat berlari ditengah -tengah kerumunan masyarakat.  Dalam kesempatan tersebut Walikota Arief R Wismansyah sempat menanyakan seluruh kondisi binatang kurban kepada ketua panita dan meminta untuk dilakukan penggantian. “Sapinya sudah diganti,” tanya Arief.

Sekretaris Daerah Dadi Budaeri yang juga merupakan ketua panitia kurban mengatakan, peningkatan jumlah hewan kurban tersebut disebabkan imbauan kurban yang telah disampaikannya kepada seluruh orgasisasi perangkat daerah (OPD) satu tahun sebelum pelaksanaan. “Kami sudah memberikan imbauan kepada seluruh OPD untuk melakukan gerakan menabung kurban setiap bulannya,” ucapnya.

Ia mengharapkan di hari raya kurban tahun depan kesadaran masyarakat bekurban meningkat sehingga membuat jumlah hewan kurban terus bertambah. “Bertambahnya hewan kurban itu merupakan wujud kita bertakwa kepada Allah,” tambahnya.

Penyembelihan hewan kurban juga dilakukan di Imigrasi Kelas 1 Kota Tangerang. Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Tangerang Herman Lukman mengatakan, khusus tahun ini terdapat lima ekor kambing dan dua ekor sapi yang dikurbankan.  “Kalau dibandingkan dengan kemarin, tahun ini jumlahnya meningkat. Kemarin hanya kambing saja sebanyak dua ekor. Daging dibagikan ke-250 penerima yang berada di sekitar kantor,” pungkasnya. (mg-6)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here