Home TANGERANG HUB Kesehatan Makanan Atlet Modern Pentathlon Dicek

Kesehatan Makanan Atlet Modern Pentathlon Dicek

1
SHARE
PEMERIKSAAN PANGAN: Petugas Dinkes Kabupaten Tangerang bersama Dinkes Provinsi Banten melakukan pemeriksaan pada sampel makanan yang ada di kantin dalam venue Modern Pentathlon, di SMA Adria Pratama Mulya, Desa Tapos, Kecamatan Tigaraksa, Rabu (29/8). FOTO: Rahmat/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Guna memastikan keamanan pangan pada saat penyelenggaraan Asian Games cabang olahraga Modern Pentathlon, dilakukan pemeriksaan fisik kantin di venue dan tempat penginapan para atlet serta official. Beberapa contoh makanan seperti tahu pun dicek.

Pemeriksaan keamanan pangan dilakukan atas permintaan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) dan Kementerian Kesehatan RI. Dinas Kesehatan Provinsi Banten bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, melaksanakan pengecekan di tiga lokasi berbeda.

Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Dude Sadwaludin mengatakan, ketiga lokasi yang disisir berhubungan langsung dengan perhelatan Modern Pentathlon. Yakni tempat penginapan atlet di Hotel Amaris Citra Raya, tempat penginapan tim juri di Hotel Aryaduta Karawaci, serta venue di SMA Adria Pratama Mulya.

“Kantin-kantin diperiksa, serta beberapa contoh makanan yang disediakan, termasuk tahu. Ini dilakukan dalam rangka memastikan keamanan pangan, sehingga kesehatan makanan atlet dan official Modern Pentathlon pada Asian Games benar-benar terjamin,” ujar Sadwaludin seusai pemeriksaan kantin di SMA Adria Pratama Mulya, Desa Tapos, Kecamatan Tigaraksa, Rabu (29/8).

Hanya saja, dia tidak membeberkan hasil dari pemeriksaan tersebut. Sadwaludin menyebutkan, rata-rata makanan yang dicek layak konsumsi dan tidak mengandung zat berbahaya. “Selain melakukan pemeriksaan, kami juga memberikan alat pelindung diri untuk penjamah makanan di kantin dalam venue,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik mengatakan, persiapan dalam menyambut penyelenggaraan Modern Pentathlon hampir 100 persen. Sarana dan prasarana di dalam venue merupakan tanggung jawab Inasgoc selaku panitia pelaksana kegiatan.

Pemerintah Kabupaten Tangerang mendukung penuh dengan memperbaiki infrastruktur jalan, mulai dari Jalan Syekh Nawawi sampai ke venue. Tidak hanya itu, pemasangan spanduk dan baliho Asian Games juga sudah dilakukan. Salah satu yang menjadi atensi yaitu kebersihan.

“Jalan sudah dilebarkan, spanduk-spanduk sudah dipasang dimana-mana. Kalau soal kebersihan ya terus dilakukan, Kepala Dinas LHK (Lingkungan Hidup dan Kebersihan) selalu memantau. Memang sampah tidak dapat berhenti, untuk itu selalu diantisipasi,” ujar Taufik.

Untuk diketahui, Kabupaten Tangerang mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games XVIII untuk cabang olahraga Modern Pentathlon. Yakni perpaduan lima cabang olahraga anggar, renang gaya bebas 200 meter, berkuda lompat rintangan, menembak dengan pistol, dan lari cross-country 3.200 meter. Pertandingan dilaksanakan dua hari berturut-turut, 31 Agustus – 1 September 2018. (srh/mas)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here