Home PENDIDIKAN SDN Puspiptek Pertahankan Akreditasi A

SDN Puspiptek Pertahankan Akreditasi A

0
SHARE
UJI PENGARAHAN: Dihadapan tim asesor, sejumlah guru SDN Puspiptek menunjukkan keahliannya mengajar dengan teknik menarik dan kualitas terbaik. FOTO: Bunga/Tangerang Ekspres

SETU – SDN Puspiptek, Kota Tangsel dengan segudang prestasi akademik maupun non-akademik yakin akan mempertahankan predikat akreditasi “A” yang sudah disandangnya sejak tahun 90-an. Hal itu diyakini, karena setiap tahunnya ratusan siswa tak henti-henti menggelontorkan prestasi hingga sekolah dipenuhi beragam piala.

Halimah, Kepala SDN Puspiptek, Kota Tangsel menuturkan hari ini (kemarin-red) merupakan hari pertama tim asesor Provinsi Banten mengunjungi sekolahnya. Mulai dari standar isi, proses, tenaga pendidik dan pembiayaan.

“Untuk hari kedua, kemungkinan terkait sarana dan prasarana, pengelolaan hingga kompetensi lulusan. Hal inilah yang menjadi unggulan kami. Bisa dikatakan, SDN Puspiptek itu gudangnya prestasi, piala sampai tidak muat di sekolah. Itulah yang kami tonjolkan yaitu kompetensi lulusan yang terbukti nyata,” ungkap Halimah saat ditemui Tangerang Ekspres, Rabu (29/8).

Kata Halimah, dirinya yakin bahwa sekolah yang dipimpinnya akan terus menyandang akreditasi A. Pasalnya, SDN Puspiptek terus tumbuh didalam keterbatasan, memiliki segudang prestasi walau lahan atau gedung yang mungkin terbilang berbeda dibanding sekolah-sekolah tetangga.

“Tapi buat saya, gedung bukanlah standar seorang siswa memiliki kualitas yang baik. Semua itu, bagaimana para tenaga pendidiknya. Serius atau tidak mentransfer ilmunya, membina, membimbingnya. Hingga membuka jalur-jalur prestasi yang mampu mengembangkan kemampuan anak-anak itu sendiri,” jelasnya.

Dia menambahkan akreditasi sangat penting peranannya untuk pendidikan, khususnya bagi peserta didik atau siswa. Misalnya saja, pada proses seleksi masuk SMP yang memberikan kuota masing-masing pada sekolah yang berakreditasi dan tidak berakreditasi.

Sekolah atau madrasah yang memiliki akreditasi A memiliki kuota penerimaan yang lebih besar dibandingkan dengan sekolah yang berakreditasi B dan C. Apalagi dibandingkan dengan sekolah atau madrasah yang belum terakreditasi.

“Walau akreditasi dilakukan lima tahun sekali serta setiap penilaian SDN Puspiptek berhasil mempertahankan akreditasi A. Saya dan para guru tahun ini tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk nilai sekolah yang lebih baik lagi,” katanya.(bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here