Home BISNIS RI Belajar E-Commerce ke Jack Ma

RI Belajar E-Commerce ke Jack Ma

0
SHARE
PERTEMUAN ISTANA BOGOR: Presiden bertemu Grup Bisnis Alibaba dan Jack Ma di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9). (Foto: Humas Setkab/Nia)

JAKARTA – Kehadiran pendiri Alibaba Group, Jack Ma di Indonesia cukup menjadi perhatian. Ia akan menghadiri penutupan Asian Games 2018. Seperti diketahui, Asian Games berikutnya pada 2022 akan dilaksanakan di tempat berdirinya perusahaan Alibaba di Hangzhou, China.

Pada Sabtu atau 1 September 2018, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendampingi Presiden Jokowi menerima kelompok bisnis Alibaba di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Menkominfo mengungkapkan, pertemuan dengan Jack Ma karena kapasitasnya sebagai Advisor dari steering committee tentang peta jalan e-commerce di Indonesia. “Ada beberapa tadi yang mengemuka dalam pembahasan tersebut, yang pertama adalah masalah talent, sumber daya manusia (SDM),” ujar Rudiantara seperti dikutip dari Kominfo.go.id.

Menkominfo menyampaikan bahwa SDM tersebut dilihat juga bagaimana melakukan edukasi kepada masyarakat. “Tadi kami usulkan juga untuk membuat semacam Jack Ma Institut di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Dalam perkembangannya, Menkominfo menyampaikan bahwa talent ini bukan hanya diambil dari dalam negeri, tapi bagaimana menjadikan Indonesia sebagai pusat pasar talent untuk negara-negara di regional.

“Talent ini menjadi isu nomor satu di dunia saking cepatnya pertumbuhan digital economy ini sumber daya manusia yang belum bisa mengejar,” ujar Rudiantara.

Hal kedua yang dibahas dengan Jack Ma, menurut Menkominfo, bagaimana memanfaatkan platform yang ada untuk meningkatkan ekspor ke Tiongkok.

Jack Ma dijadwalkan untuk bertemu dengan Menkominfo, Menko Perekonomian, dan Menteri Perindustrian di Ritz Carlton lantai 8, Pasific Place Jakarta pada siang ini.

“Karena bagi Jack Ma bisnis bukan sebagai nomor satu lagi tapi, bagaimana kita memanfaatkan pemikiran-pemikiran Jack Ma sebagai guru dan beliau sebagai investor dengan steering committee kebutuhan talent,” ujar Menkominfo.

“Tahun ini kita sudah kirim 27 orang kalau tidak salah ke kampus Jack Ma,” ujar Menkominfo seraya menyampaikan pengiriman tersebut agar dapat belajar pengelolaan start up yang kuat dan ramah terhadap lingkungan atau ekosistem.

Bertemu Menteri
Pada Minggu (2/9) Jack Ma juga bertemu dengan sejumlah menteri di sebuah hotel di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Pertemua itu digelar untuk mendengarkan paparan bos Alibaba terkait bisnis E-Commerce uang melibatkan UMKM. Para menteri yang hadir diantaranya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso. Menteri Rudiantara dalam pertemuan itu juga ikut mengajak Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu.

“Kami baru aja melakukan meeting yang produktif. Dari kemarin saya ketemu presiden dan diskusi banyak hal. Hari ini saya sangat penting untuk follow up meeting (kemarin),” kata Jack Ma ketika ditemui usai pertemuan, Minggu (2/9).

Dipaparkannya, Jack Ma dan sejumlah menteri Jokowi melakukan diskusi tentang talent building untuk e-commerce dan internet di Indonesia. Bagaimana hal ini bisa mendorong anak muda pelaku UKM menangkap kesempatan bisnis dari e-commerce dan internet.

“Kami juga diskusi tentang bagaimana bisa memperbaiki bisnis perdagangan e-commerce antara indonesia dengan China, serta Indonesia dengan negara-negara lain. Kami juga bicara tentang isu penting lain seperti inklusi finansial dan kaitannya dengan internet, bagaimana anak muda bisa menerima uang saat membutuhkan (untuk buka bisnis),” papar Jack Ma.

“Ini pertemuan yang menarik. Dam kami juga sama-sama bicara tentang 11 November sebagai hari yang penting buat bisnis e-commerce China. Banyak hal yang bisa di-follow up terkait meeting ini ke depannya,” pungkas pria berusia 53 tahun itu.(okz/dtc/ahl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here