Home NASIONAL 9 Pasangan Gubernur Dilantik 5 September

9 Pasangan Gubernur Dilantik 5 September

0
SHARE
Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri.

JAKARTA–Presiden Joko Widodo berencana akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pada Rabu, 5 September mendatang. Sebanyak sembilan kepala daerah direncanakan akan dilantik di Istana Negara.

Hal itu pun dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri), Bahtiar bahwa telah melakukan rapat koordinasi di Kantor Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) untuk menyiapkan proses pelantikan tersebut.

“Betul (rapat koordinasi) di Kemensesneg,” kata Bahtiar kepada JawaPos.com, Senin (3/9).

Bahtiar menjelaskan, sembilan kepala daerah tersebut terpilih berdasarkan hasil Pilkada Serentak 2018. Nantinya mereka dilantik langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Kesembilan kepala daerah terpilih periode 2018-2023 yakni, Sutarmidji-Ria Norsan untuk Kalimantan Barat, Ali Mazi-Lukman Abunawas untuk Sulawesi Tenggara, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman untuk Sulawesi Selatan, Ganjar Pranowo-Taj Yasin untuk Jawa Tengah, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Umum untuk Jawa Barat, Edy Rahmayadi-Musa Rajecksah untuk Sumatera Utara, Lukas Enembe-Klemen Tinal untuk Papua, Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi untuk Nusa Tenggara Timur (NTT) dan I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana.

Sebelumnya, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih direncanakan akan dilantik pada 17 September 2018 mendatang. Namun dimajukan pada Rabu (5/9) mendatang. Berbagai kesiapan pun telah disiapkan oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk dilantik di Istana Negara.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tidak membantah, tidak juga memastikan kabar yang menyebutkan bahwa kesembilan Gubernur-Wakil Gubernur tersebut akan dilantik Rabu (5/9). Mendagri belum dapat memastikannya, karena sedang melakukan persiapan.

“Saya belum bisa komentar, memberi kepastian pelantikannya pada hari Rabu (5/9). Karena segala sesuatunya tengah disiapkan. Karena masih tentative, sehingga belum bisa diumumkan. Tunggu saja kabar berikutnya,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, melalui pesan singkatnya, Senin (3/9).

Upacara pelantikan menurut rencana, akan dipimpin oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Rabu (5/9), pukul 10.00 WIB. Pelantikan ini dipercepat dari rencana awal, 27 September 2018.

“Sekarang sedang dimatangkan dengan Sekneg (Sekretariat Negara). Belum bisa komentar dulu sebelum final untuk undangannya,” ujar Mengari Tjahjo Kumolo. (esa/ind).(rdw/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here