Home OLAHRAGA Jelang Motogp San Marino, Honda Favorit Menang

Jelang Motogp San Marino, Honda Favorit Menang

0
SHARE
MEMORI JUARA: Marc Marquez menjadi pebalap paling sukses menjuarai MotoGP seri San Marino.

SETELAH MotoGP Inggris lalu batal terlaksana, kini MotoGP 2018 menuju seri San Marino yang podium teratasnya dikuasai rider Honda selama tiga musim terakhir.

Guyuran hujan dan kondisi sirkuit Silverstone sudah membuat MotoGP Inggris dibatalkan sama sekali. MotoGP 2018 pun berlanjut ke seri balapan ke-13 di Misano pada pekan ini.

Sirkuit Misano rutin menghajat MotoGP San Marino semenjak 2007. Podium teratas kelas primer sudah memunculkan sejumlah nama rider, dengan tiga musim terakhir ada dominasi dari rider pacrikan Honda — Repsol Honda.

Marc Marquez, pemuncak klasemen sementara, mampu meraih kemenangan MotoGP San Marino pada tahun 2017 dan 2015. Dani Pedrosa merebut kemenangan lain di tahun 2016.

Dengan keunggulan 59 poin di puncak klasemen sementara MotoGP 2018, Marquez akan membalap di Misano sebagai salah satu favorit. Sebelum Silverstone, Marquez pun secara konsisten mampu naik podium lima kali berurutan –termasuk meraih dua kemenangan.

Marquez sendiri sudah tak sabar untuk melaju di Sirkuit MIsano. Ia pun berharap agar kenangan indahnya di Misano bisa terulang lagi pada akhir pekan ini.

Marquez tidak memungkiri bahwa Sirkuit Misano sejatinya memiliki kecocokan dengan motor balap Honda. Disebutkannya bahwa Sirkuit Misano tidak terlalu terpaku dengan mengandalkan kecepatan di trek lurus. Maka dari itu, ia bisa menyaingi motor balap Ducati.

“Misano adalah trek berkelok dan lebih lambat dibandingkan dengan yang lain di kalender, dengan banyak pengereman dan akselerasi. Ini adalah sirkuit yang bagus untuk kami di masa lalu. Kami memiliki banyak kenangan indah dan kami pasti akan mencoba menambahkan yang baru ke daftar pada hari Minggu ini,” ungkap Marquez, menukil dari Crash, Selasa (4/9).

Salah satu rider yang punya potensi menghadangnya adalah Valentino Rossi. Rider Movistar Yamaha itu kini merupakan rival terdekat Marquez di papan klasemen MotoGP 2018.

Rossi akan punya ambisi tersendiri di MotoGP San Marino di antaranya mengakhiri paceklik kemenangan Yamaha sejak tengah musim lalu. Sebagai local hero di Misano, movistar The Doctor pun semakin berlipat ganda.

Nama Jorge Lorenzo dari Ducati juga harus diperhitungkan di Misano setelah tampil trengginas dalam beberapa seri terakhir. Apalagi semasa masih di Yamaha, Lorenzo pernah tiga musim beruntun jadi pemenang MotoGP San Marino.

Ada pula rider macam Maverick Vinales (Movistar Yamaha), Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing), Gal Crutchlow (LCR Honda Castrol), dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) yang sangat berpotensi ikut meramaikan persaingan MotoGP San Marino (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here