Beranda Uncategorized Manfaat Makan Telur

Manfaat Makan Telur

0
BERBAGI

Sebagian orang tidak mengonsumsi telur karena takut terkena kolesterol. Hal ini memang benar adanya. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, satu butir kuning telur saja bisa mengandung 180 miligram kolesterol.

Sedangkan, kebutuhan kolesterol per hari seseorang adalah sekitar 100-300 miligram.

Jika Anda menghindari makan telur akibat kandungan kolesterol dalam kuning telur, berikut ini ada beberapa alasan yang dilansir dari WebMD dan mungkin bisa membuat Anda berpikir ulang untuk kembali mengonsumsi telur:

  1. Salah satu sumber protein termurah

Harga telur di pasaran cenderung murah, bahkan jika Anda membeli telur organik. Walaupun harganya sempat melambung beberapa waktu lalu, telur relatif lebih murah dibanding daging merah atau ikan. 2. Sarapan yang baik

Berdasarkan penelitian, sarapan dengan menu telur dapat menunda rasa lapar lebih lama daripada makanan seperti kue.

  1. Melindungi mata dari paparan sinar berbahaya

Telur kaya akan zat lutein, yakni pigmen kuning yang terdapat di retina mata. Lutein membantu melindungi mata dari degenerasi makula, penyebab utama kehilangan penglihatan.

  1. Bukan penyumbat arteri seperti yang Anda duga

Selama beberapa dekade, telur dituduh dapat meningkatkan kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Meski bagian kuning telur mengandung kadar kolesterol tinggi, namun kolesterol bukanlah bahaya yang diperkirakan dari konsumsi telur.

  1. Telur membantu mempertahankan massa otot

Seseorang akan mulai kehilangan massa otot saat 30 tahun, dan hal ini akan terus berlangsung dengan berkurangnya massa otot sebanyak lima persen per 10 tahun.

Nah, kini Anda sudah mengetahui berbagai alasan mengapa membutuhkan menu telur dalam asupan sehari-hari. Dari segi pengolahan makanan, telur yang direbus lebih baik daripada digoreng menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh tinggi. Tunggu apa lagi? Ayo makan telur untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Tapi ingat, jangan berlebihan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here