Home TANGERANG HUB PR Kalapas Berantas Narkoba

PR Kalapas Berantas Narkoba

1
SHARE
Jumadi (kiri), Kalapas Pemuda Klas IIA Tangerang.

TANGERANG – Penyalahgunaan narkoba di dalam lapas sudah menjadi rahasia umum. Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) Kalapas Pemuda Klas IIA Tangerang, Jumadi untuk memberantasnya.

Untuk mencegah Lapas yang dipimpinya menjadi tempat peredaran dan pengguna narkoba, ia mengintruksikan seluruh petugas Lapas agar meningkatkan pengawasan serta menggeledah setiap pengunjung. Tidak hanya pengunjung tapi nantinya juga akan ada pemeriksaan kepada petugas atau pegawai Lapas.

Dengan pemeriksaan sistem tersebut, bisa meminimalisir sekaligus menepis informasi adanya lapas yang dijadikan sarang narkoba.

“Memang komitmen kita adalah bagaimana peredaran dan pemakaian itu, tidak ada di dalam lapas,” kata Jumadi, Selasa (4/9).

Ia mengatakan, pemberantasan barang haram di dalam lapas sudah menjadi perintah atasannya yang harus dilaksanakan. Menurutnya, lapas memang menjadi tempat yang rawan terhadap peredaran narkoba.

“Kita sangat komit, karena itu sudah perintah juga dari pimpinan kita, dan memang itu tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jadi siapapun yang berkaitan narkoba, akan berhadapan dengan hukum,” ujarnya.

Pemberantasan narkoba itu bukan hanya ditunjukkan kepada para narapidana, melainkan juga kepada para pembina lapas. Selain itu, untuk mengantisipasi, lanjut Jumadi, harus ada sinergitas antara lapas dengan instansi terkait.

“Yang pasti orang-orang seperti itu tidak layak lagi menjadi pembina, saya akan tindak tegas apabila ada petugas yang berani bermain-main dengan narkoba. Semua instansi harus ada sinergitasnya untuk pemberantasan narkoba, soalnya ada 70 persen napi narkoba di lapas ini,” tuturnya.

Selain hal pemberantasan narkoba, Jumadi juga mengatakan akan mempertahankan kinerja Kalapas sebelumnya yang sudah baik.

Mantan Kalapas Kelas IIA Sidoarjo itu pun sedang berusaha beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya.

“Tentunya hal yang telah dilakukan dengan kalapas yang lama akan dipertahankan, karena sudah bagus. Semuanya akan kita lanjutkan, atau nanti akan kita tambah program-program yang barunya,” tegasnya.(mg-11)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here