Home Uncategorized Nutrisi Dalam Sebutir Telur

Nutrisi Dalam Sebutir Telur

0
SHARE

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Selain mudah didapatkan, olahan telur selalu menjadi makanan favorit. Selain itu, ada beberapa alasan spesifik mengapa Anda perlu mengonsumsi telur.

Dijadikan olahan apa pun, telur tetap enak untuk dikonsumsi.

Baik digoreng biasa, seperti didadar atau diceplok, direbus lalu dijadikan telur balado, telur sama enaknya dimakan dengan nasi hangat. Namun yang perlu Anda garis bawahi, telur adalah sumber protein yang baik bagi tubuh, sehingga sangat penting untuk dikonsumsi.

Nutrisi dalam sebutir telur

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, kandungan protein dalam telur berguna untuk mengobati berbagai penyakit yang dapat menyebabkan penurunan kadar protein tubuh.

Selain itu, protein dalam telur juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka, seperti luka bakar atau luka bekas operasi. Jika putih telur banyak mengandung protein, maka kuning telur banyak mengandung lemak, vitamin, dan asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sebagian orang tidak mengonsumsi telor karena takut terkena kolesterol. Hal ini memang benar adanya. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, satu butir kuning telur saja bisa mengandung 180 miligram kolesterol.

Sedangkan, kebutuhan kolesterol per hari seseorang adalah sekitar 100-300 miligram.

Artinya, jumlah kolesterol yang terkandung dalam telur sudah memenuhi lebih dari setengah dari kebutuhan kolesterol harian manusia. Bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol, jangan khawatir. Anda tetap bisa menikmati telur dengan memakan bagian putih telurnya tidak lebih dari 3 butir dalam seminggu.(jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here