Home TANGERANG HUB Cegah Flu Burung, Truk Ayam Dirazia

Cegah Flu Burung, Truk Ayam Dirazia

0
SHARE
CEGAH PENYAKIT: Petugas UPT Balai Pelayanan & Pengujian Veterner Dinas Pertanian Provinsi Banten menyemprotkan disinfektan di roda kendaraan pengangkut ayam saat operasi gabungan pemeriksaan lalulinta shewan dan produk hewan di Jalan Raya Rawa Buntu, Serpong, Kota Tangsel, Kamis (6/9). FOTO: Miladi/Tangerang Ekspres

SERPONG-Dinas Pertanian Banten menggelar razia truk ternak di wilayah Serpong. Ini dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit hewan terutama penyakit yang berdampak kerugian ekonomi tinggi dan atau membahayakan kesehatan manusia, seperti flu burung dari hewan yang masuk ke Banten.

Petugas Medis Dinas Pertanian Provinsi Banten, Novia Herwandi, menjelaskan, operasi gabungan ini dalam rangka pengawasan lalu lintas hewan di Provinsi Banten.

“Kita dari Dinas Pertanian Provinsi Banten bersama dengan Polsek Serpong melakukan operasi gabungan pengawasan kesehatan ternak, dalam rangka penegakan Undang-Undang No 14 Tahun 2014 dan Perda Lalu Lintas Ternak di Banten, melakukan pemeriksaan dokumen dan surat keterangan kesehatan hewan terhadap truk pembawa hewan ternak yang melintas di wilayah perbatasan Provinsi Banten,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dalam razia gabungan ini, terdapat 7 truk pembawa hewan ternak diperiksa, dan hasilnya semua negatif. Namun, dari ketujuh truk tersebut, mereka tidak membawa dokumen kelengkapan jalan.

“Ke depan, jika mereka tidak membawa dokumen, maka akan dilakukan penahanan. Serta, teguran kepada peternaknya, kebanyakan peternak tersebut warga dari luar Provinsi Banten, sehingga kita akan lakukan komunikasi ke Jawa Barat agar di wilayahnya tertib dokumen saat pengiriman hewan ternak,” ujarnya.

Lanjutnya, jika dalam pemeriksaan terdapat atau ditemukan hewan yang sakit. “Kalau ditemukan positif sakit atau lainnya, akan ditahan dan dimusnahkan oleh kami, sehingga mereka tidak bisa melintas ke wilayah Provinsi Banten,” ungkapnya.

Pemeriksaan ini dilakukan diperbatasan Provinsi Banten, seperti Tangsel, Lebak dan lainnya, kalau untuk jalur Sumatera disana sudah ada karantina hewan. (mol/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here