Home TANGERANG HUB Dana Caleg Harus Masuk Rek Parpol

Dana Caleg Harus Masuk Rek Parpol

0
SHARE
PARTISAN PARTAI: Sejumlah orang partisan salah satu partai memadati halaman kantor KPU Kota Tangsel, di BSD, Serpong, saat mengantarkan pengurus partai mendaftarkan bakal calon anggota legislatif beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Miladi/Tangerang Ekspres

SERPONG-Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 akan dihelat berbeda. Mulai dari pelaksanaannya yang berbarengan dengan pemilihan presiden juga, ketentuan pencalonannya.

Untuk kampanye misalnya, dana yang digunakan setiap calon anggota legislatif (Caleg), harus dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain itu, dana yang digunakan, sumbernya juga harus jelas.

Paling baru, ketentuan tentang penggunaan rekening dana kampanye yang tidak bisa memakai rekening pribadi. Melainkan, memakai rekening partai politik yang khusus untuk menampung dana kampanye.

Komisioner KPU Kota Tangsel Taufik MZ mengungkapkan, ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 29/2018 perubahan dari PKPU 24/2018 tentang Dana Kampanye.

Dalam regulasi anyar ini, setiap parptai politik di tiap levelnya harus memiliki rekening khusus dana kampanye. “Sumbangan dana kampanye dari setiap caleg, atau dari pihak lain harus masuk ke rekening parpol ini,” katanya.

Dalam rekening parpol itu juga memuat seluruh dana yang digunakan caleg. Sehingga, setiap caleg dalam berkampanye menggunakan dana yang sudah ada di rekening parpol tersebut. “Di rekening parpol itu, alokasinya untuk semua caleg. Masing-masing caleg yang menggunakan dana harus tercatat di situ,” tuturnya.

Rekening ini, dibuat khusus. Dalam hal ini, bukan rekening yang sekarang dimiliki partai yang memuat dana untuk operasional partai secara umum. Ia melanjutkan, rekening parpol ini juga digunakan untuk menampung dana sumbangan. Baik dari perorangan maupun dari badan hukum.

“Kalau limitasi sumbangannya masih sama. Maksimal Rp2,5 miliar untuk sumbangan atas nama perorangan dan Rp25 miliar untuk sumbangan atas nama badan,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here