Home TANGERANG HUB Dua Hari Keliling, Raup Pajak Rp2 M

Dua Hari Keliling, Raup Pajak Rp2 M

0
SHARE
EDUKASI WAJIB PAJAK: Staf Bidang Pajak Daerah II pada Bapenda Kota Tangsel menjelaskan terkait prosedur dan keputusan pajak daerah khususnya yang ada di bidang pajak daerah II, saat pelayanan keliling, di Alam Sutera, kemarin. FOTO: Miladi/Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-Antusias para pengusaha untuk membayar kewajiban pajak usahanya cukup tinggi. Ini terlihat dari pelayanan keliling yang dilaksanakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tangsel di area Flavor Bliss, Alam Sutera, Kamis (13/9).

Besarnya repons wajib pajak ini sejalan dengan perolehan pajak dari kegiatan itu. Dalam dua hari pelayanan keliling terkumpul Rp2 miliar lebih duit pajak.

Para wajib pajak yang mendatangi lokasi pelayanan keliling ini membayarkan kewajiban pajaknya baik restoran, air tanah, reklame, parkir, hiburan, dan hotel.

Kepala Bidang Pajak Daerah II pada Bapenda Tangsel, Rahayu Sayekti, menjelaskan, tim pajak daerah dua pada Bapenda melaksanakan pelayanan keliling di Flavor Bliss, berlangsung selama dua hari dari Rabu hingga Kamis (13/9).
Hasilnya, animo wajib pajak (WP) untuk membayarkan kewajibannya cukup tinggi dibandingkan pelayanan yang dilakukan di bulan Agustus yang digelar di Bintaro Xchange.

“Untuk pelayanan keliling selama dua hari, penerimaan pajak khusus di wilayah Serpong Utara sebesar Rp2,958 miliar yang terdiri dari pelayanan di Rabu (12/9) sebesar Rp2.032 miliar dan Kamis (13/9) sebesar Rp925,9 Juta,” ungkapnya.

Ayu menjelaskan, animo pengusaha diwilayah Flavor Bliss ini cukup tinggi, di bandingkan saat pelayanan di Bintaro Xchange yang selama dua hari pelayanan hanya menghasilkan puluhan juta rupiah.

“Restoran atau tempat usaha diwilayah Flavor Bliss ini sudah menjalankan kewajibannya untuk membayar pajak, sehingga kami dari Bapenda sangat terbantu dengan para pengusaha yang taat dalam pembayaran pajak ini,”jelasnya.

Para WP di wilayah flavour bliss ini sangat apresiasi dengan diadakannya pelayanan keliling ini terbukti dengan penerimaan yang diterima selama dua hari ini.

“Dengan ini bapenda memberikan apresiasi kepada WP yang telah memenuhi kewajibannya dengan tepat waktu dan tepat jumlah.” katanya.

Ayu menjelaskan, untuk penerimaan pajak di triwulan III ini dari enam jenis pajak mencapai Rp396,383 miliar lebih. JUmlah ini lebih besar dari target yang ditetapkan sebesar Rp344,415 miliar, dengan rincian penerimaan untuk jenis pajak hotel mencapai Rp19,641, pajak restoran Rp186,873 miliar, pajak hiburan Rp26,175 miliar, untuk pajak parkir sebesar Rp18,188 miliar, pajak reklame sebesar Rp15,335 miliar, dan pajak air tanah mencapai Rp1,852 miliar. Sedangkan untuk pajak penerangan jalan sebesar Rp128,317 miliar.

Meski demikian, Bapenda terus melakukan upaya intensifikasi dan ekstensifikan yakni melalui penagihan pajak daerah serta pendataan potensi-potensi pajak daerah.

Hal ini dilakukan karena penerimaan pajak daerah yang ada akan digunakan untuk pembangunan kota Tangsel.

Sementara itu, antusias WP dalam pelayanan pajak keliling cukup tinggi, ini terlihat dari WP yang datang ke stand pelayanan.

Seperti salah seorang WP yakni Evan, dia datang ke stand pelayanan untuk menanyakan terkait WP baru untuk restoran yang baru dia buka dikawasan tersebut.

“Saya ingin menanyakan terkait pembayaran pajak untuk WP baru sangat terbantu dengan pelayanan ini,” katanya. (mol/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here