Home TANGERANG HUB Baznas Prioritaskan Bantuan Pendidikan

Baznas Prioritaskan Bantuan Pendidikan

1
SHARE
SANTUNAN: Petugas Baznas membagikan amplop santunan kepada anak yatim dan dhuafa.

TANGERANG- Dana zakat, Infaq dan sadaqoh  warga Kota Tangerang yang dikelola Baznas disalurkan kembali kepada warga yang berhak menerimanya. Belum lama ini disalurkan kepada 3.020 kaum duafa dan anak yatim se-Kota Tangerang dengan besar anggaran total Rp 1 miliar. Santunan tersebut sebagai rangkaian kegiatan Festival Al Azhom dan perayaan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah.

Ketua Baznas Kota Tangerang KH M Ashlie El Husyairi mengatakan, Baznas menyalurkan dana umat melalui program yang diprioritaskan seperti di bidang pendidikan, kesehatan dan bantuan yang bentuknya darurat seperti warga tertimpa musibah yang disebut Baznas Peduli.

Menurutnya Ashlie, Baznas Kota Tangerang dapat membantu warga Kota Tangerang yang kesulitan dalam pembiayaan pendidikan agar anak tetap sekolah atau bermukim di pondok pesantren yang ada di Kota Tangerang.

“Kita bantu juga pelajar yang mempunyai tunggakan biaya sekolah, orangtuanya dengan membawa kartu kependudukan dapat mengajukan ke Baznas. Insya Allah kita langsung tangani dan membayarkannya ke sekolah sesuai data tunggakan yang kita terima,” ungkap Ashlie.

Selain itu, lanjut Ashlie, Baznas juga memberikan bantuan terhadap pelajar yang ingin melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi dengan persyaratan anggota keluarganya belum ada yang melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi dan dari kalangan keluarga tidak mampu dan pelajar tersebut berprestasi dari asal sekolahnya.

“Saat ini ada 40 mahasiswa warga Kota Tangerang yang kita biayai dari nol hingga mereka wisuda, ini yang sifatnya rutin,” papar Ashlie.

Selain program Tangerang Cerdas, Baznas Kota Tangerang juga membantu program pemerintah Kota Tangerang di bidang kesehatan. Baznas membantu warga Kota Tangerang yang tidak mampu yang memiliki penyakit kronis dan tidak tercover Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) atau tidak memiliki asuransi kesehatan sejenisnya.

Ashlie menambahkan, Baznas Kota Tangerang juga mempunyai program peduli, yakni peduli terhadap warga Kota Tangerang yang tertimpa musibah seperti peristiwa kebakaran.

“Tahun ini baznas Kota Tangerang membantu warga yang tertimpa musibah kebakaran di enam lokasi dengan santunan masing-masing keluarga sebesar Rp 20 juta untuk pembangunan rumahnya,” tutur Aslie .

Baznas Kota Tangerang juga berupaya berniat menggandeng Dinas Ketenagakerjaan agar pengusaha yang ada di Kota Tangerang peduli dan dapat menyalurkan zakat, infaq dan sadaqoh melalui Baznas Kota Tangerang. ( raf)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here