Beranda PENDIDIKAN PKPR di Sekolah Sangat Penting !

PKPR di Sekolah Sangat Penting !

0
BERBAGI
PEMAPARAN: Salah seorang pembicara dari pihak Puskesmas Serpong (kiri) memberikan pemaparan terkait Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja kepada puluhan siswa SMA Global Islamic School 2, Serpong. FOTO: Bunga Mardhikarani/Tangerang Ekspres

SERPONG – Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan program pemerintah melalui Dinas Kesehatan. Melayani kesehatan kalangan remaja melalui konseling, pembinaan hingga melatih konselor sebaya minimal 10 persen murid dari sekolah binaannya.

Kali ini melalui kerjasama Puskesmas Serpong 2 dengan Guru BK, SMA Global Islamic School 2, Serpong, Kota Tangsel memberikan pembinaan kepada puluhan siswa kelas X dan XI.

Rika Fitriana, Guru BK SMA Global Islamic School 2 menuturkan kegiatan kali ini sengaja diselenggarakan untuk memberikan layanan pencegahan preventive.

“Disini, petugas Puskesmas memberikan informasi dan mengedukasi, pelayanan klinik, konseling, pendidikan keterampilan hidup sehat hingga pelatihan konselor sebaya,” jelas Rika pada Tangerang Ekspres.

Sebagai pihak guru, ia hanya berharap kegiatan ini menjadi bekal yang bisa dibawa kemana pun siswa tumbuh dan berkembang. Pasalnya, kegiatan ini siswa mengetahui proses pemeriksaan kehamilan bagi remaja.

Lanjutnya, melakukan konseling semua masalah kesehatan reproduksi dan seksual, konsultasi mengenai masalah kejiwaan, HIV & AIDS, anemia hingga infeksi menular seksual.

“Mungkin di kelas guru bisa mentransfer ilmu terkait ini. Tapi kami yakin, jika diberikan langsung dengan pihak yang paham atau berwenang. Anak-anak pasti lebih paham dan antusias dalam proses pembelajarannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMA GIS 2, Serpong Unggul Prakoso sangat menyambut baik kegiatan positif ini. Pasalnya, kata Unggul kegiatan ini tak sekadar sosialisasi selesai dan sudah dihari itu.

“Ini kegiatan berkepanjangan dimana selanjutnya siswa bisa mengikuti kegiatan konseling sebaya yang dilakukan rutin setiap Jumat pukul 08.00 hinga 10.00 WIB. Melakukan itu bersama kelompok PKPR di sekolah diruang BK,” ungkap Unggul.

Diketahui, Unggul sudah menugaskan guru BK untuk melanjutkan kerjasama lanjutan dengan Puskesmas. Melakukan pembinaan lanjutan kepada kelompok PKPR atau pun konselor sebaya sekolah.

“Ya,… agar semua ini jauh lebih optimal. Tentu dalam memberikan layanan konseling sebaya di sekolah kami,” tegasnya.(bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here