Home OLAHRAGA Jelang MotoGP Thailand, Michelin Siapkan 4 Ban Khusus

Jelang MotoGP Thailand, Michelin Siapkan 4 Ban Khusus

0
SHARE
MASALAH PADA BAN: Pebalap Yamaha Maverick Vinales belum bisa tampil maksimal akibat masalah pada pasokan ban. FOTO: Motogp.com

PRODUSEN ban Michelin terus ingin memanjakan seluruh kontestan MotoGP. Sama seperti yang mereka lakukan di GP Austria dan GP Australia, Michelin datang ke GP Thailand di sirkuit Buriram akhir pekan ini dengan membawa ban berdesain khusus yang dirancang untuk sirkuit tersebut.

Untuk ban belakang Michelin telah menyiapkan empat tipe. Semuanya berbentuk asimetris dengan bagian sebelah kanan yang lebih keras. Itu untuk menjawab layout sirkuit yang memiliki tikungan kanan lebih banyak dibanding tikungan kiri.
Yakni tujuh (kanan) banding lima (kiri). Keempat tipe ban belakang itu adalah soft, dua medium, dan hard.

Michelin Motorsport Two-Wheel Manager, Piero Taramasso, menyebut desain ban yang mereka bawa ini adalah hasil dari masukan para pembalap usai pre season test lalu. Setelah melakukan kajian, mereka memutuskan Buriram termasuk salah satu sirkuit unik dan butuh desain ban khusus.

Munculnya dua jenis ban medium sendiri lantaran Michelin sebenarnya sudah mengalokasikan ban untuk semusim penuh sebelum desain baru untuk Buriram muncul. “Kita lihat saja mana yang lebih cocok untuk sirkuit ini. Ini juga memberi pilihan lebih banyak untuk pembalap dengan disesuaikan kepada motor mereka,” ucap Taramasso dilansir Crash.

Sementara itu untuk ban depan Michelin menyiapkan tiga macam yakni soft, medium, dan hard. Semuanya simetris.

Taramasso berharap hujan tidak turun untuk bisa menilai ban kering baru yang telah mereka desain sedemikian rupa tersebut. Namun, jika memang hujan turun Michelin juga telah menyiapkan ban basah khusus.

Ini akan menjadi penampilan pertama MotoGP di Thailand. Karena itu Michelin ingin memberikan persembahan terbaik untuk fans dan setiap kontestan. “Kami harap akan meriah. Michelin selalu berusaha menjadi bagian dari tontonan yang menarik bagi para fans,” ucap Taramasso. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here