Home TANGERANG HUB LPPD Tangsel Terbaik di Banten

LPPD Tangsel Terbaik di Banten

0
SHARE
TERIMA PIAGAM: Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menerima piagam penghargaan LPPD dari Gubernur Banten WahidinHalim (kanan) di KP3B Banten, Senin (1/10). FOTO: Humas Tangsel for Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Kota Tangsel boleh berbangga diri. Sebab meski belum genap 10 tahun, sudah banyak prestasi diukir. Salah satunya, penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Dokumen ini, mendapat nilai terbaik dari Provinsi Banten.

Penghargaan tersebut merupakan prestasi tiga tahun berturut-turut yang diraih.

Penghargaan tersebut, diterima Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie yang diberikan oleh Gubenur Banten Wahidin Halim kepada Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, bertempat di KP3B, Banten, Senin (1/10).

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, penghargaan tersebut diperoleh dengan nilai sangat tinggi yang kedua yaitu tahun 2016 dan 2017. “Nilai di 2017 naik dibandingkan tahun 2016,” ujarnya, Senin (1/10).

Pria yang biasa disapa Pak Ben tersebut menambahkan, Tangsel tahun ini menduduki posisi terbaik ketiga setelah Kabupaten Serang. Dimana tahun sebelumnya, Tangsel juga membuktikan hasil capaian kinerjanya dengan meraih LPPD 2015 dengan nilai tinggi, tahun 2016 sangat tinggi, serta tahun 2017 sangat tinggi.

Menurutnya, penilaian tersebut mencangkup kebijakan umum, pengambilan kebijakan umum, hasil pelaksanaan utusan pemerintahan dan dokumen LPPD setebal 800 halaman. “Kita juara ke 3 dari 8 Kabupaten/Kota se-Banten dengan nilai sangat tinggi, yakni 3,0819,” tambahnya.

Mantan pegawai Pemkab Tangerang tersebut menjelaskan, sudah menyiapkan strategi agar para OPD bisa memenuhi target kinerja masing-masing. Mulai dari pembinaan LPPD bagi OPD, bimbingan teknis (bimtek), monitoring dan evaluasi (monev), pelatihan atau simulasi penilaian, evaluasi oleh Inspektorat. Juga penilaian oleh tim daerah dan penilaian tim dari Kemendagri.

Ia mengucap syukur dan senang langtaran kinerja laporan penyelenggaran Pemkot Tangsel yang dinilai oleh pusat dengan nilai sangat tinggi. Tapi, ia belum puas lantaran belum merebut rangking pertama se-Banten dan akan terus tingkatkan hasil tersebut.

“LPPD ini cukup strategis seperti halnya yang sudah kita raih LKPD dengan opini WTP dari BPK RI dan LAKIP dengan nilai BB dari KemenPan RI,” jelasnya.

Pak Ben berharap kedepan akan berusaha meningkatkan kinerja LPPD menjadi pertama di Banten. “Caranya dengan melakukan pembinaan intensif kepada OPD, evaluasi mandiri oleh inspektorat, melakukan lomba LPPD antar OPD,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here