Home TANGERANG HUB Dinkop Ajari UKM Pamerkan Produk

Dinkop Ajari UKM Pamerkan Produk

0
SHARE
PAMER PRODUK: Wakil Walikota Benyamin Davnie didampingi Plt Kepala Dinas Koperasi & UMKM Dahlia Nadeak mengkurasi produk UKM di Puspemkot Tangsel, Serua, Ciputat, kemarin (3/10). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Dinas Koperasi dan UKM melakukan kurasi produk UKM Kota Tangsel. Kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah, mengajari kegiatan UKM mengikutkan produknya dalam pameran.

Produk yang dikurasi adalah jenis makanan, minuman, dan produk kerajinan tangan. Ini dilakukan agar, produk-produk itu layak mengikuti pameran Harkopda ke-71 mendatang. Kurasi yang diikuti 97 produk tersebut dilaksanakan di Lobi Lantai Dasar Gedung 1 Balai Kota, Rabu (3/10).

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak mengatakan, kurasi yang dilakukan khususnya untuk produk makanan dan minuman dalam kemasan meliputi beberapa aspek. Mulai dari kualitas, packaging sampai harga.

“Kurasi ini tujuannya agar kami tahu bagaimana proses produksi, bahan baku, produk knowledge, kemasan sampai harga produk UKM, sehingga keberadaan setiap produk bisa diketahui konsumen dan memenuhi standar layak konsumsi, seperti memilikiPIRT, halal food, dan lainnya” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (3/10).

Dahlia menambahkan, produk yang dihasilkan dari masing-masing UKM masih banyak yang sama sehingga benar-benar harus diseleksi mana yang lebih layak dipasarkan di Harkopda ke 71. Dinkop menyeleksi baik dari sisi keamanan pangan maupun dari desain kemasan, sehingga produk yang dihasilkan terpilih benar-benar layak dipasarkan di Harkopda.

Masih menurutnya, Dinas memastikan jika produk yang terpilih untuk mengisi bazar Harkopda ke-71 Kota Tangsel benar-benar hasil seleksi dan telah memenuhi berbagai standar kelayakan sebuah produk yang berlaku dipasaran. Produk harus sesuai dengan kelayakan, dinas tidak mau asal produk saja karena Bazar Harkopda Ke 7.

“Harkopda ini untuk mendongkrak produk unggulan Kota Tangsel yang memiliki daya saing pasar serta proses pemasaran nya akan terus dikawal melalui kerjasama dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Masih menurutnya, Harkopda ke-71 tingkat Kota Tangsel akan dilaksanakan 11 sampai 14 Oktober mendatang di Jalan Siliwangi, tepatnya di samping Carrefour Pamulang. Sebagai puncak peringatan akan ada karnafal produk-produk UKM dan akan dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

“Juga akan ada penampilan grup musik Muslim Debu, grup musik Goliath dan rampak bedug,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, Harkopda merupakan upaya Pemkot untuk pertemukan penjual dengan pembeli, serta menciptakan pasar. “Lokasi Harkopda tahun ini mudah diakses, sehingga diharapkan banyak masyarakat yang datang,” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Pak Ben tersebut menambahkan, dengan demikian diharapakan bisa mendorong produksi yang buat oleh pelaku UKM. “Bicara makanan dan minuman itu persoalan mata serta lidah, begitu lihat bagaimana caranya begitu lihat langsung tertarik, mendekat dan ujung-ujungnya beli,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here