Home TANGERANG HUB Keren…Warga Jajal Senjata TNI

Keren…Warga Jajal Senjata TNI

1
SHARE
MESIN PERANG: Warga diberi keleluasaan untuk menaiki kendaraan tempur. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERANG – Warga Serang dan sekitarnya antusias melihat alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dipamerkan Korem 064 Maulana Yusuf di Halaman Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang. Warga menjajal alutsista yang dimiliki TNI tersebut.

Keberadaan alutsista milik TNI ini mendapat perhatian dari masyarakat baik tua maupun muda, terutama para pelajar sekolah dasar. Mereka melihat dan memegang secara langsung beberapa jenis senjata yang dipamerkan. Ini juga sebagai salah satu edukasi untuk para pelajar mengenal alutsista milik TNI.

Momen langka ini dimanfaatkan oleh masyarakat mulai dari mengabadikannya melalui kamera ponsel. Hingga memanggul senjata yang biasa digunakan oleh anggota TNI saat bertempur.

Salah seorang warga, Adhwa Kamil, mengaku baru pertama melihat senjata perang secara dekat. Biasanya ia hanya melihat senjata itu di televisi, gambar ataupun video game. “Keren,” ujar Adhwa.

Pameran ini dibuka sejak Jumat (5/10) usai upacara HUT TNI ke 73 di Alun-alun Barat Kota Serang. Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengikuti rangkaian acara tersebut bersama Danrem 064 MY Kolonel Czi Budi Hariswanto.

“Ini acara yang penting dan langka, saya mengajak semua warga Banten untuk datang melihat-lihat alutsista yang TNI kita miliki ini,” kata Andika, usai acara pembukaan.

Mengutip Danrem, Andika mengatakan, bahwa pameran alutsista tersebut merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban TNI kepada rakyat sebagai pemegang kedaulatan NKRI.

“Sejatinya alutsista ini kan dibeli dengan uang dan persetujuan rakyat Indonesia untuk kepentingan melindungi dan menjaga rakyat Indonesia,” ujarnya.

Saat meninjau pameran, Andika kemudian tertarik untuk berpose di atas tank Leopard yang dipamerkan. Ditemani Danrem, Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Andika kemudian naik ke bagian atap tank melalui tangga yang memang disediakan untuk para pengunjung menaiki tank tersebut.

Sebelumnya, dalam sambutannya saat membuka pameran tersebut Andika mengatakan, mewakili masyarakat dan Pemprov Banten, dirinya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-73. Dia berharap TNI semakin kuat dan hebat sehingga siapmMewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

“Dirgahayu TNI. Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan rasa bangga atas komitmen dan dedikasi TNI dalam memberikan keamanan, ketenteraman dan ketertiban kepada masyarakat Banten sehingga pada akhirnya dapat membantu Pemerintah Provinsi Banten dalam memacu akselerasi pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Banten, secara material maupun spiritual,” paparnya.

Lebih jauh Andika mengatakan, Pemprov Banten menyambut baik penyelenggaraan pameran alutsista dalam rangkaian kegiatan HUT TNI ke-73 tahun 2018. Kegiatan itu, kata dia, merupakan wujud kebersamaan TNI dengan rakyat.

Disebutkan Andika, penyelenggaraan pameran alutsista tersebut tidak lain juga untuk mengenalkan alutsista TNI milik Korem 064/Maulana Yusuf, Grup 1 Kopassus Serang, Satuan Kostrad dan TNI AL kepada masyarakat Banten. (mol/bha)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here