Home TANGERANG HUB Pelayanan KIA Keliling Disdukcapil Digelar di KFC

Pelayanan KIA Keliling Disdukcapil Digelar di KFC

0
SHARE
SANTAI TAPI SERIUS: Kepala Disdukcapil Dedi Budiawan, ikut mendampingi anak buahnya dalam pelayanan KIA keliling di KFC di BSD Square, Sabtu (6/10). FOTO: Dukcapil Budiawan for Tangerang Ekspres

SERPONG-Layanan pembuatan kartu identitas anak (KIA) keliling oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel diserbu warga, Sabtu (6/10). Kali ini pelayanan dilakukan di restoran cepat saji KFC yang ada di BSD Square.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, ada sekitar 200 orang tua yang membawa anaknya untuk pengurusan pembuatan KIA. “Kita mencetak ada sekitar 200 KIA dalam layanan tersebut,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Sabtu (6/10).

Budiawan menambahkan, KFC BSD Square dipilih sebagai tempat layanan lantaran telah kmenjalin kemitraan dengan Disdukcapil. Yakni mendapat diskon sampai 35 persen bagi pemegang KIA dan berlaku Nasional.

Menurutnya, warga yang datang langsung dibuatkan KIA dengan terlebih dahulu orangtua melengkapi persyaratan, yakni kartu keluarga (KK) dan Akata Kelahiran. “Untuk anak di atas lima tahun dilakukan foto dan di bawah lima tahun tidak perlu foto,” tambahnya.

Ia menjelasnkan, 200 warga yang mengurus KIA tersebut diluar dugaan, pasalnya diperkirakan hanya ada 150 warga akan mengurus. Sebelum pelayanan dilakukan di KFC BSD Square, Disdukcapil telah mensosialisasikan program tersebut beberapa hari sebelum pelaksanaan.

Layanan jemput bola pembuatan KIA menurut Budiawan jarang dilakukan dan tidak seperti pelayanan kependudukan KTP-el, KK dan lainnya. Layanan tersebut dilakukan untuk mempercepat target Pemkot Tangsel pada 2019 harus ada 350.000 anak yang memiliki KIA.

“Itu target kita dan saat ini baru sekitar 6.000 anak yang punya KIA,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, Disdukcapil akan melakukan pencetakan KIA secara kolektif. Yakni akan mendatangani sekolag-sekolah, layanan keliling dan datang ke kantor-kantor untuk sosilisasikan program KIA.

“Saya harap orangtua mau mengurus KIA bagi buah hatinya, yakni anak berusia satu hari sampai 17 tahun kurang satu hari wajib memiliki KIA,” tuturnya.

Masih menurutnya, manfaat memiliki KIA selain dapat disikon di KFC, juga mendapat disikon di Gramedia sebesar 10 persen, Mc Donald’s beli happy meal atau Panas( Paket Nasi) minimal untuk 40 anak dapat gratis Ice Cream bagi Pemegang KIA. Belanja di Toko Buku Gunung Agung dapat discount 10 persen bagi pemegang KIA.

“Yang tidak kalah penting adalah bisa juga untuk buka rekeing tabungan anak My Fisrs di Bank BJB dengan KIA anak,” unagkapnya.

Budiawan menjelaskan, dihari yang sama juga dilakukan sosialisasi KIA kepada kepala sekolah SD, SMP yang ada di Kota Tangsel. Acara tersebut diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Hotel Santika BSD.

“Tangsel itu masuk 40 kota/kabupaten di Indonesia yang didatangi kementerian lantaran KIA sudah berjalan,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here