Home PENDIDIKAN 500 Anak Belajar Sikat Gigi yang Benar

500 Anak Belajar Sikat Gigi yang Benar

0
SHARE
GOSOK GIGI: Kepala Puskesmas Tigaraksa, Kabupaten Tangerang drg. Eko Hartati, mengajarkan cara sikat gigi yang benar kepada 500 siswa RA se-Kecamatan Tigaraksa dan Jambe, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Sebanyak 500 anak Raudatul Athfal (RA) se-Kecamatan Tigaraksa dan Jambe, Kabupaten Tangerang mengikuti aksi sikat gigi massal secara benar. Aksi sikat gigi massal diselenggarakan dalam rangka memperingati bulan kesehatan gigi nasional yang mengusung tema “kita wujudkan generasi sehat melalui senyum ceria”.

Diiringi lagu sikat gigi dan lagu anak-anak lainnya, seperti satu-satu aku sayang ibu dan lihat kebunku, anak-anak usia dini tampak ceria dan bersemangat meniru dokter gigi yang memperagakan cara sikat gigi secara benar.

Satu-persatu gerakan menyikat gigi secara benar dipraktikan anak-anak tersebut. Mulai dari menyikat gigi dari arah atas kebawah untuk membersihkan sisa makanan yang menyangkut disela-sela gigi, hingga berkumur yang hanya perlu dilakukan sekali agar kandungan pasta gigi tetap tertinggal di gigi dan mulut untuk melindungi kesehatan gigi dari serangan kuman.

Kepala Puskesmas Tigaraksa drg. Eko Hartati dalam sambutannya menyatakan, aksi sikat gigi massal secara benar diharapakan tidak hanya menjadi sebatas kegiatan seremonial. Lebih dari itu, pihaknya berharap agar kegiatan tersebut dapat menumbuhkembangkan kebiasaan sehat menjaga kesehatan gigi agar gigi sehat dan kuat. “Sebab, gigi yang sehat dapat berpengaruh terhadap kesehatan setiap individu,” katanya.

Itu artinya, kegiatan tersebut dianggap selaras dengan visi pembanguan kesahatan Kabupaten Tangerang, yakni mewujdukan kesehatan masyarakat berkualitas melalui memberikan pelayanan kesehatan terbaik.

Selain itu, mantan Kepala Puskesmas Cikuya ini memaparkan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menanamkan kepada anak-anak sejak dini tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Salah satu caranya, kata dia, melalui kegiatan mensosialisasikan cara menyikat gigi secara benar.

“Kedepan diharap terus ditingkatkan. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh anak-anak untuk mampu merawat dan menjaga kesehatan mulut dan gigi,” serunya.

Lebih lanjut drg. Eko Hartati menjelaskan, informasi cara menyikat gigi secara benar penting untuk terus disosialisasikan kepada anak. Hal tersbut agar anak-anak dapat mengetahui cara menyikat gigi secara benar agar gigi mereka sehat, kuat dan bersih.

“Anak-anak sejak usia dini harus dibiasakan menyikat gigi secara bersih agar tidak terjadi lubang di gigi. Jika ini terjadi tentu anak-anak sakit gigi. Terus belanjut malas makan. Jika sudah malas makan tentu berpengaruh terhadap gizi anak. Pada akhirnya mempengaruhi pertumbuhan anak dan perkembangan otakanya,” terangnya.

“Kalau sosialisasi cuci tangan dan sikat gigi yang baik ini rutin kami laksanakan ke sekolah-sekolah,” kata drg. Eko. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here