Home TANGERANG HUB Raimuna, Jaga Kekompakan Plus Wasawan

Raimuna, Jaga Kekompakan Plus Wasawan

0
SHARE
TANPA JARAK: Walikota Airin Rachmi berfoto wifi dengan sejumlah peserta kemah bakti pemuda, di Pulau Situ Ginting, Ciputat Timur, Kota Tangsel, Kamis (25/10). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT TIMUR-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel menggelar Kemah Bhakti Pemuda dan Bulan Pramuka di Pulau Situ Gintung, Cireundeu, Ciputat Timur.

Acara yang bertajuk Raimuna Cabang II tersebut diikuti 391 peserta dari siswa SMA dan mahasiswa dan dilaksanakan dari 24 sampai 28 Oktober.

Kepala Dispora Kota Tangsel E. Wiwi Martawijaya mengatakan, Raimuna merupakan kemah yang mempertemukan anggota pramuka tingkat penegak dan pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka. “Ini dilakukan dari tingkat rangting sampai nasional,” ujarnya, Kamis (25/10).

Wiwi menambahkan, Raimuna sendiri berasal dari bahasa Ambal, daerah Yapen, Papua. Ini merupakan gabungan dua kata, yakni Rai dan Muna. Rai memiliki arti sekelompok yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama.

Sedangkan kata Muna adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.

“Jadi Raimuna memiliki arti sekelompok persaudaraan dan persahabatan antar-pramuka penegak dan pandega dari berbagai utusan kwartir ranting dan gugus depan di Kota Tangsel,” tambahnya.

Masih menurut Wiwi, pelaksanaan Raimuna bersamaan dengan momentum bulan pemuda yang diselenggarakan Pemkot Tangsel. Sejarah Kota Tangsel tidak lepas dari keberadaan dan peran serta pramuka.

“Saya berpesan agar peserta Raimuna dapat mempersiapkan diri untuk menjadi generasi muda yang kuat, tangguh dan siapkan diri menjadi anak yang produktif,” jelasnya.

Sementara itu, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tangsel Ahadi menagtakan, dengan diadakannya Raimuna tersebut peserta diharapakn makin menambah wawasan. Pengetahuan dan komunikasi intens terhadap gerakan pramuka di antara gugus depan SMA dan SMK.

“Mempersatukan pemuda khusunya gerakan pramuka dan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran berbangsa, tanah air dan NKRI,” ujarnya.

Ahadi menambahkan, banyak kegiatan yang diadakan dalam Raimuna Cabang II. Seperti, diskusi tentang kerelawanan, diskusi soal internet sehat, keterampilan sinematografi, tata kota, musik, menggambar.

Pada hari terakhir, peserta akan mengikuti jejak petualang, menyelam, memanah, sepeda kota dan lainnya.

“Saya berharap setelah Raimuna selesai peserta bisa temukan dan tentukan tujuan hidup mereka,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, Kota Tangsel telah mencanangkan bulan kepemudaan. Pemuda adalah generasi bangsa yang akan meneruskan dan mengisi kemerdekaan masa depan.

“Jadi pemuda harus memiliki kemampuan dan pengetahuan agar bisa menjadi pemimpin dikemudian hari,” ujarnya.

Airin menambahkan, sekarang banyak hoax yang beredar dan diharap anak-anak bisa mengetahui mana yang benar atau tidak. Pramuka adalah kegiatan positif, saya berharap Raimuna bisa berjalan maksimal. Sehingga bisa mewujudkan pribadi yang berani, mandiri dan berbudi.

“Pesan saya, lakukan kegiatan-kegiatan positif. Jangan mudah percaya begitu saja video yang ada di dunia digital, contohnya di youtube,” tutupnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here