Home PENDIDIKAN Sekolah Berbasis Lingkungan Hijau

Sekolah Berbasis Lingkungan Hijau

0
SHARE
LASKAR HIJAU: Tim Laskar Hijau SMKN 4 Kota Tangsel menerima kunjungan terkait pembelajaran sekolah hijau. FOTO: Dok. Sekolah for Tangerang Ekspres

TANGSEL – Semakin hari, SMKN 4 Kota Tangsel semakin hijau, asri dan sejuk. Setelah meresmikan barisan lascar hijau 2013 silam, suasana sekolah terus dirubah menjadi perkebunan yang membuat betah siapa pun yang datang. Hingga akhirnya SMKN 4 meraih nominasi sebagai sekolah percontohan berbasis lingkunga hijau se-Kota Tangsel.

Diketahui, Laskar Hijau merupakan salah satu bentuk kepedulian siswa akan lingkungan. Dalam Laskar Hijau terdapat berbagai macam kegiatan dan pelatihan bagi anggota laskar. Mulai dari pengolahan sampah, penghijauan, 3 R, membuat kompos, penyemaian, piket lingkungan hingga aksi bersih-bersih disejumlah lokasi ramai pengunjung di sekitar Kota Tangsel.

Pembina Laskar Hijau, Bambang Rijadi mengatakan green house yang berada di sekolah kini semakin sukses. Setelah bekerjasama dengan British International School, mencakup proyek green house selama dua bulan kedepan.

“British Internasional School akan belajar dengan anak-anak disini membuat green house. Anak-anak juga akan mendampingi mereka selama mereka membangun green house di sekolahnya sendiri. Pemantauan akan berlangsung dua bulan, semoga dua bulan kedepan mereka sudah mendiri mengembangkan green house,” ungkap Bambang.

Rizki Zaelani kelas XI jurusan Arsitekturs salah satu anggota Laskar Hijau mengatakan, hingga kini di green house sekolah sudah ada 1.7000 botol yang ditanami tumbuhan organic. Menanam 5 jenis tanaman diantaranya, bayam merah, krokot, pakis, meranti bali dan merant bumbu.

“Selama ini kita sudah beberapa kali panen, mimpi kita saat ini memiliki dapur kecil yang mungkin bisa bermanfaat untuk mengolah sayur-sayuran saat panen. Jadi teman-teman bisa bikin makan siang di sekolah dari hasil panen mereka sendiri. Mungkin saja lagi ada kerja kelompok, iseng masak-masak pasti temen-temen betah di sekolah,” harapnya.

Sementara itu, Bambang Rijadi Wakil Kepala Bagian Kesiswaan menuturkan pihak sekolah memang selalu mendukung hal positif yang bermanfaat untuk bumi ini. Terlebih, dengan rintisan para siswa dengan Laskar Hijau sekolah sudah banyak dikenal. Hingga salah satu sekolah bertaraf Internasional mempercayai muridnya belajar di SMKN 4 Kota Tangsel.

“Tidak banyak sekolah yang bisa meraih prestasi seperti ini. Dengan itu, kami akan berusaha memfasilitasi, mendukung serta memberikan yang terbaik selalu untuk perkembangan anak-anak di aksi peduli bumi ini. Semoga Laskar Hijau bisa terus berkaya dan bermanfaat untuk sesame dan bumi,” katanya.(bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here