Home TANGERANG HUB Cegah Utang, Tutup Buku Maju

Cegah Utang, Tutup Buku Maju

1
SHARE
JAWAB PERTANYAAN: Wakil Walikota Benyamin Davnie menjawab pertanyaan wartawan usai rakor, di balai kota, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Serapan anggaran tahun ini benar-benar dipelototi. Pemkot Tangsel tak mau, kejadian beberapa tahun lalu terulang. Yakni, utang pembayaran proyek kepada pihak ketiga yang belum terlunasi hingga batas akhir masa tahun anggaran.

Untuk mencegah terjadinya utang pembayaran proyek, Pemkot Tangsel meminta agar, Organisasi Perangkat Darah (OPD) mengajukan Surat Permohonan Membayar (SPM) makisimal tanggal 25 Desember. Padahal sejatinya, pembayaran proyek bisa dilakukan hingga 31 Desember.

Menurut Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, serapan anggaran APBD 2018, saat angkanya sudah tembus 70 persen lebih. Ia mengklaim, angka itu termasuk positif. Mengingat, masih ada waktu dua bulan untuk menggenjot serapan. “Sisa dua bulan lagi, saya pikir nanti bisa tercapai (serapan lebih baik, red),” kata Pak Ben, ditemui di Balai Kota Tangsel, kemarin.

Bahkan, kata Pak Ben, sapaan akrab Benyamin Davnie, untuk memaksimalkan serapan sekaligus menekan kemungkinan munculnya utang pembayaran pihaknya memajukan batas akhir penyerahan berkas pembayaran. Atau, batas akhir penyerahan SPM maksimal tanggal 25 Desember. “Saya targetkan, 25 desember sudah tutup buku. Jadi, tanggal 26 Desember sudah selesai semua pembayaran. Sehingga tidak ada utang tagihan lagi,” terangnya.

Untuk memuluskan target itu, Pak Ben menyatakan sudah memerintahkan jajarannya dalam hal ini Sekda, dan para asisten daerah untuk melakukan kontrol dengan ketat. Sehingga, apa yang menjadi target bisa terpenuhi. “Saya minta evaluasi sekda, asisten dan lain-lain,” ucapnya.

Lebih dari itu, yang mesti dievaluasi adalah target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sampai 2018, RPJMD Kota Tangsel memasuki tahun ketiga. Dengan demikian maka, mestinya capaiannya sesuai dengan rencana lima tahunan itu.

“Kedua, (evaluasi juga) target pencapaian RPJMD, sudah berapa persen? Karena RPJMD 2018 tahun ketiga sampai dengan 2021 mendatang selesai,” jelasnya.

Pada bagian lain, Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel Warman Syanudin mengungkapkan, sejatinya tutup buku pembayaran pemda itu pada 31 Desember setiap tahunnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here