Home TANGERANG HUB PUPR Siapkan 665 Personel Siaga Banjir

PUPR Siapkan 665 Personel Siaga Banjir

0
SHARE
BERSIAP: Personel siaga banjir Dinas PUPR melakukan perbaikan drainase dan saluran air, beberapa waktu lalu. FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang memiliki 665 personel tim siaga banjir. Tim tersebut sudah dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan tahun ini.

Menurut Kabid Sumber Air pada Dinas PUPR Taufik Syahzaeni mengatakan,  Dinas PUPR sudah siap mengantisipasi adanya banjir dan juga tanah longsor pada saat musim hujan. Pihaknya sudah menyiapkan tim dan juga persiapan lainnya agar pada saat musim hujan, banjir di Kota Tangerang bisa segera teratasi.

Tim siaga banjir tugasnya pemeliharaan drainase, jalan, dan sumber daya air yang ada di Kota Tangerang. Bahkan tim tersebut sudah dibuat dan menjalankan tugasnya sebelum musim hujan tiba.

“Seksi Operasi dan Pemeliharaan (OP) drainase menangani genangan di perumahan dan permukiman warga. Sementara OP jalan menanggulangi genangan pada jalan kota dan jalan lingkungan,”ujarnya.

Lebih jauh Taufik mengatakan, untuk OP Sumber daya air akan bersiaaga dengan pompa air di perumahan dan menanggulangi turap atau tanggul sungai yang rusak. Tim siaga banjir pun bakal dibagi tiga wilayah yakni wilayah timur, tengah, dan barat. Mereka bertugas dari pagi sampai malam hari.

“Untuk masalah sarana dan prasarana penunjang kegiatan tersebut antaralain pompa banjir 127 unit, 64 pompa listrik, 8 pompa berjalan, 2 mobil pompa, 50 pompa diesel dan 3 unit pompa milik pemerintah yang disiagakan untuk skala perumahan dan skala kawasan semua sudah kami persiapkan,”paparnya.

Taufik menambahkan, tidak hanya sarana dan prasarana penunjang saja yang disiapkan, matrial pengadang banjir dan longsor berupa karung, pasir, batu kali dan bronjong juga sudah dipersiapkan semua, bahkan pihaknya sudah siap dalam penangulangan masalah banjir.

“Selain mempersiapkan semuanya, kita juga melakukan kordinasi dengan para penjaga pos di daerah hulu sungai yakni di Pos Batu Belah Kabupaten Bogor untuk mengetahui diteksi bahaya banjir dini agar saat air dari Bogor kita sudah siap semuanya agar efektif saat melakukan evakuasi warga,”tutupnya. (mg9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here