Home NASIONAL Banyak Formasi yang Kosong, Passing Grade Tes CPNS Tak Diturunkan

Banyak Formasi yang Kosong, Passing Grade Tes CPNS Tak Diturunkan

0
SHARE
Syafruddin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

JAKARTA -Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah memutuskan untuk tidak menurunkan passing grade. Padahal, banyak sekali peserta CPNS yang tidak lulus saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Hingga, banyak formasi nantinya yang mengalami kekosongan.
Bukannya menurunkan passing grade,Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin justru menaikkan nilai ambang batas dari tahun ke tahun. Setidaknya ada dua alasan sehingga pemerintah tidak akan menurunkan ambang batas nilai SKD.

Alasan pertama adalah, proses tes SKD harus menghasilkan sumber daya manusia (SDM) khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjiwa kompetitif, profesional dan kredibel. Kriteria inilah yang akan menduduki pos-pos atau melayani masyarakat.

Kedua, akan ada sekitar 200 ribu PNS yang akan pensiun di 2018. Sehingga di awal 2019 kebutuhan CPNS harus dipenuhi dengan standar kualitas yang ditetapkan pemerintah.

Meski demikian, Pemerintah sudah menetapkan formula yang nantinya bisa memenuhi formasi yang kosong. KemenPAN-RB mengambil langkah dengan mengoptimalisasi pemenuhan kebutuhan formasi dengan cara mengambil peringkat terbaik dari hasil Tes SKD.

“Untuk optimalisasi pemenuhan kebutuhan formasi, mengambil peringkat terbaik,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Mudzakir kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Rabu (21/11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here