Home PENDIDIKAN MANAJEMEN WAKTU

MANAJEMEN WAKTU

0
SHARE

“Orang yang bertanggungjawab tidak akan mengandalkan sesuatu di luar dirinya lebih dahulu.”

Saat berdiskusi dengan teman di kantor atau saat berdialog dengan sejumlah anak muda yang datang, sering muncul pertanyaan, bagaimana mungkin kita bisa kreatif sementara sebagian besar waktu kita digunakan untuk menjalani aktivitas rutin di kantor? Belum lagi macet? Dan beragam pertanyaan lainnya. Saya katakan bahwa jika yang kita lakukan hanya menuding, menyalahkan, atau mencari kambing hitam, sampai hari kiamat tiba pun kita tidak akan menemukan alasan yang tepat untuk menjadi kreatif. Kita akan terus menemukan objek yang kita salahkan. Benar tidak begitu?

Menurut saya, sangat tepat jika ada teori psikologi yang mengatakan bahwa orang yang punya rasa tanggung jawab (sense of selfresponsibility) berpotensi lebih besar untuk menjadi kreatif. Orang yang bertangung jawab tidak akan mengandalkan sesuatu di luar
dirinya lebih dulu atau tidak menuding ke luar terus-menerus. Mereka menyimpulkan bahwa dirinya adalah sumber perubahan paling utama dan bertekad melakukan sesuatu untuk mencapai keinginannya.

Orang yang punya tanggung jawab bagus seperti itu disebut dengan istilah “internal locus of control”. Sebaliknya, orang yang lemah tanggung jawabnya disebut “external locus of control”. Orang seperti ini cenderung mengandalkan kekuatan di luar diri lebih dulu, menunggu keadaan atau orang, menyalahkan terus-menerus, dan semua itu dilakukan agar dirinya tidak berbuat lebih dulu. Orang seperti ini jelas sangat sulit diharapkan menjadi kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here