Beranda TANGERANG HUB Sinergi Jaga Nataru, Danrem Patroli, Ben Keliling Naik Matic

Sinergi Jaga Nataru, Danrem Patroli, Ben Keliling Naik Matic

1
BERBAGI
PANTAU GEREJA: Dandim 0506/Tng Letkol Inf. Faisol Izuddin Karimi (dua kiri) meninjau salah satu gereja di Pondok Aren, Kota Tangsel. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Kemanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi perhatian utama. Untuk itu, berbagai instansi menjalin sinergi untuk menjaga Nataru.

Bahkan, Komandan Korem 052/Wijayakrama (Wkr) Kolonel Kav Agustinus Purboyo terjun langsung untuk melakukan patroli bersama dalam memantau pengamanan kegiatan Natal dan Tahun Baru 2019. Patroli ini, dimulai pada Senin (24/12).

Sementara, pada malam harinya, Wakil Walikota Benyamin Davnie, berkeliling memantau malam Natal dengan menaiki motor matic. Dengan didampingi sejumlah pejabat, ia berkeliling di wilayah Pamulang.

Adapun patroli Korem 052/WKR dilakukan bersama 3 Pilar wilayah Korem 052/Wkr, terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 052/Wkr Kolonel Kav Agustinus Purboyo mengatakan bahwa patroli ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan dalam menjaga keamanan di wilayahnya.

“Kegiatan Patroli ini bertujuan untuk memantau persiapan kelangsungan acara Misa Natal. Hal ini merupakan kegiatan yang rutin kami lakukan. Namun, tetap kita lakukan dengan baik dan maksimal demi keamanan di wilayah,” ucapnya, kepada awak media saat berada di wilayah Jakarta Utara.

Ia juga mengungkapkan, tugas ini dilakukan sebagai komitmen TNI dalam menjaga negara. “Ini merupakan tugas dan komitmen kami untuk berikan rasa aman kepada masyarakat dalam perayaan Natal,” tegasnya.

Beliau juga meyakinkan kepada seluruh warga bahwa Jakarta Utara, wilayah Jakarta Barat dan Tangerang relatif aman terkendali serta kondisi lalu lintas saat ini berjalan lancar hingga libur panjang berakhir.

“Mari kita jaga perayaan Natal dan jelang akhir Tahun 2018 ini bersama-sama supaya segala kegiatan Natal dan liburan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” katanya.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0506/Tgr Letkol Inf Fasiol mengungkapkan bahwa pihaknya menyiagakan tim motoris untuk menjamin perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan aman.

“Sekurangnya 48 personel dengan 24 motor dikerahkan Kodim 0506/Tgr untuk menjamin pelaksanaan Misa dapat berjalan dengan aman,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Dandim memerintahkan tim motoris untuk melaksanakan patroli di wilayah Tangerang Kota dan Tangerang Selatan. “Tim motoris ini dibentuk untuk melengkapi kekuatan personel yang melaksanakan pengamanan di gereja-gereja,” katanya.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, memastikan pihaknya bersama unsur kepolisian dan TNI akan menjaga kondusivitas dan keamanan Hari Raya Natal 2018.

Pengamanan dilakukan demi memastikan Misa Natal dan peribadatan lain yang digelar di gereja wilayah Tangsel dapat berlangsung dengan khidmat dan lancar.

“Imbauan kami kepada umat Kristiani yang menjalankan peringatan Natalnya. Misanya, di gereja masing-masing, kami bersama dengan komponen Kapolres, Dandim, di Tangerang Selatan akan membantu kelancaran, keamanan penyelenggaraan ibadat-ibadat yang diadakan umat Kristiani yang diadakan di Kota Tangerang Selatan,” ujar Benyamin ketika meninjau pos pelayanan Pamulang, Tangsel, Senin malam (24/12).

Selain Kepolisian, TNI dan pemerintah daerah, Benyamin juga mengatakan, pengamanan dibantu dari organisasi lintas agama, yakni dari Dewan Masjid Indonesia (DMI). “Saya juga dengar ada bantuan-bantuan pengamanan dari remaja masjid, dikoorsinasikan oleh Dewan Masjid Indonesia,” ujarnya.

Selain dari DMI, seperti diberitakan, gerakan pemuda (GP) Ansor juga menutunkan pasukan Bansernya untuk membantu pengamanan gereja di hari Natal.

Selain meringankan tugas pengamanan dari polisi dan anggota TNI, bantuan pengamanan dari ormas lintas agama juga menunjukkan wujud toleransi di Tangsel.

Benyamin mengatakan selama musim libur Natal dan Tahun Baru, bentuk pengamanan dan pelayanan disiagakan di tujuh posko yang dibangun di setiap kecamatan.

Selain itu juga ada dua posko utama lain yang berada di kantor Dinas Perhubungan dan di Mapolres Tangsel.

“Ada tujuh titik posko yang tersebar di seluruh wilayah Tangerang Selatan dengan satu posko utama di Dinas Perhubungan dan Mapolres Tangerang Selatan,” jelasnya. (mol/trb/esa)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here