Home NASIONAL Pemda Harus Perhatikan Kajian Badan Geologi

Pemda Harus Perhatikan Kajian Badan Geologi

0
SHARE
MITIGASI BENCANA: Dari kiri kanan, praktisi mitigasi bencana geologi Surono, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar dan Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly, dalam Forum Jitu Mitigasi Bencana Masih Menjadi PR, di Jakarta, Kamis (3/1). FOTO: Fajar Indonesia Network

Jakarta – Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudy Suhendar, mengatakan, pihaknya sudah melakukan mitigasi bencana atau serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana.

” Bencana ada kaitannya dengan manusia. Resiko adalah multiplay antara bahaya yang mengancam, cara menguranginya adalah dengan mitigasi atau rangkaian untuk mengurangi bahaya. Badan geologi telah melakukan atas dasar Permen ESDM No 15/2011. Di situ kita melakukan tahapan mitigasi sebelum terjadi bencana,” papar Rudy dalam Forum Jitu Mitigasi Bencana Masih Menjadi PR, di Jakarta, Kamis (3/1).

Dirinya memaparkan, hingga saat ini, Badan Geologi terus berinovasi dengan teknologi canggih agar dapat mengantisipasi bencana sejak dini. Tidak hanya sampai disitu, lanjut Rudy menambahkan, Badan Geologi juga memiliki strategi untuk mengurangi resiko bencana.

” Selama belum bisa diramalkan kapan terjadi, yang bisa dilakukan saat ini salah satunya adalah adalah mendelineasi sumber gempa bumi. Kemudian, mengestimasi periode ulang gempa bumi. Adapun, strategi yang kita lakukan, adalah pertama, kita melakukan kajian aspek yang menjadi bencana geologi. Kedua, memonitoring/pemantauan, melakukan pemetaaan peta rawan bencana tsunami dan lain lian,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here