Home HUKUM Curiga Ada Gamawan Diproyek Gedung IPDN

Curiga Ada Gamawan Diproyek Gedung IPDN

0
SHARE
DIPERIKSA KPK: Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dihadang wartawan usai diperiksa KKP, kemarin. FOTO: FIN

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi. Gamawan dimintai keterangan terkait dugaan korupsi pengadaan dan pengerjaan proyek gedung IPDN tahap II di Rokan Hilir, Riau, tahun anggaran 2011.

Mendagri periode 2009-2014 itu diperiksa selama enam jam oleh tim penyidik KPK. Seusai pemeriksaan, dirinya mengungkap diperiksa sebagai saksi bagi tersangka mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset Sekretariat Jenderal Kemendagri, Dudy Jocom.

“Saya jadi saksi untuk tersangka Dudy. Soal (kasus korupsi gedung IPDN) Rokan Hilir,” ujar Gamawan kepada wartawan, Selasa (8/1).

Gamawan menjelaskan, tidak tahu menahu soal tindak pidana korupsi yang dilakukan anak buahnya saat itu. Dirinya mengaku hanya meloloskan proyek pembangunan gedung IPDN sesuai audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Khusus untuk proyek di Rokan Hilir, kata dia, pembangunan dapat dilaksanakan tanpa bunuhan tanda tangannya. Karena, nilai proyeknya di bawah Rp100 juta. “Kecuali Rokan Hilir ini. Karena nilainya di bawah Rp100 juta bukan kewenangan saya. Langsung di bawah Sekjen (Sekretaris Jenderal) aja,” tuturnya.

Gamawan memastikan, pembangunan proyek gedung IPDN di daerah lain yang nilainya di atas Rp100 juta telah lolos audit BPKP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here