Home TANGERANG HUB Puskesmas Petir Resmi Beroperasi

Puskesmas Petir Resmi Beroperasi

1
SHARE
PERESMIAN: Walikota Arief R Wismansyah meresmikan Puskesmas Petir yang berada di Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Rabu (9/1). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG- Walikota Arief R Wismansyah meresmikan Puskesmas Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (9/1). Peresmian Puskesmas yang dapat menampung warga di dua kelurahan yakni Petir dan Gondrong ini ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita.

Arief mengatakan, Puskesmas tersebut dibangun tanpa menggunakan APBD. Namun, perawatan fasilitasnya nanti menggunakan dana APBD. “Puskesmas dibangun antara kerjasama pengembang perumahan dengan Pemerintah Kota Tangerang,” ujar Arief.

Menurut dia, Puskesmas ini dibangun karena terinspirasi dengan fenomena banjir yang melanda pemukiman warga setempat tersebut. Sehingga pada saat itu, warga Petir kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, kini warga Petir tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Arief menambahkan, dengan kehadiran Puskesmas yang dapat merubah masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Karena bangunan puskesmas ini terinspirasi pas banjir, jadi warga enggak perlu jauh-jauh ke Gondrong, malah warga sana mau ke sini juga boleh. Apalagi ini Alhamdulillah fasilitas yang dipersiapkan cukup lengkap, untuk yang lahiran, kegawatdaruratan bisa di sini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi menuturkan, Puskesmas yang memiliki luas 96,60 m2 ini terdiri dari ruang pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan minimal dari Kementerian Kesehatan.

“SDM di sini juga sudah disesuaikan dengan mandat SDM Permenkes. Ini pun tidak hanya kualitas, tapi kuantitas dan bisa mengembangkan masyarakat untuk hidup sehat,” katanya.

Ia menambahkan, Puskesmas Petir ini juga terdapat fasilitas pelayanan One Day Care dan persalinan 24 jam serta beberapa sarana fasilitas yang bermutu lainnya.

“Dengan ini, maka telah bertambah lagi pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan unit gawat darurat dan persalinan 24 jam,” imbuhnya. (hms)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here