Home PENDIDIKAN SDN Saga VI Kecamatan Balaraja Terapkan Sekolah Menyenangkan

SDN Saga VI Kecamatan Balaraja Terapkan Sekolah Menyenangkan

0
SHARE
KARYA SISWA: Guru dan kepala SDN Saga VI, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang menunjukkan hasil kreativitas siswa. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

BALARAJA – Program gerakan sekolah menyenangkan (GSM) sudah diaterapkan dibeberapa sekolah di Kabupaten Tangerang. Salah satu sekolah yang sudah menerapkannya, SDN Saga VI, Kecamatan Balaraja.

Proses kegiatan belajar-mengajar berlangsung kreatif dengan susunan bangku yang tak konvensional, serta dinding kelas yang ramai akan karya siswa-siswinya.

Kepala SDN Saga VI, Retno menuturkan, sejak menerapkan metode sekolah menyenangkan para murid menjadi lebih senang berada di sekolah.

“Mereka menjadi lebih fresh dan bersemangat. Tanpa dipaksa mereka bisa menjadi pribadi yang penuh inisiatif,” kata Retno, sambil memperlihatkan beberpa karya anak didiknya.

Sementara bagi guru, gerakan ini juga membuatnya menyadari bahwa sikap pesimistis terhadap perubahan merupakan sikap yang salah. Ia menjadi sadar bahwa perubahan terhadap pendidikan di sekolah bisa dimulai dari diri guru terlebih dahulu.

“Banyak perubahan yang harus saya benahi, termasuk dalam diri saya, dalam mindset saya,” kata Retno, sambil tersenyum.

Di seluruh kelas, dimana dinding-dinding kelas terlihat penuh karya berwarna-warni. Selain itu, juga terlihat wajah-wajah siswa yang gembira dan penuh antusiasme.

Lebih lanjut Retno memaparkan, sejak sekolahnya ditunjuk menjadi pelopor gerakan sekolah menyenangkan, ia berinisiatif melakukan survei terhadap siswa. Hasilnya, terdapat peningkatan dalam hal semangat beraktivitas di sekolah.

“Saat survei awal hanya sebanyak 55 persen siswa senang dengan sistem pembelajaran konvensional, namun baru-baru ini setelah menerapkan pembelajaran dengan tipe menyenangkan, sekitar persen siswa menjadi senang bersekolah,” kata Retno. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here