Home TANGERANG HUB Berkarya dari Balik Jeruji Besi LP Wanita Tangerang, Hasil Karya Dipamerkan hingga...

Berkarya dari Balik Jeruji Besi LP Wanita Tangerang, Hasil Karya Dipamerkan hingga ke Negeri Gajah Putih

1
SHARE
LP WANITA: Seorang napi sedang menjahit pakaian.

Karya mereka sering dipamerkan. Baik di level lokal hingga internasional. Sebagian besar kerajinan tangan. Ada yang berbentuk tas, sulaman, ada juga vas bunga. Namun siapa sangka, karya tersebut dibuat dari balik jeruji besi Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas I Tangerang.

KHANIF LUTFI-Tangerang

Suara mesin jahit terdengar cukup nyaring. Ada sekitar lima yang sedang dioperasikan. Sisanya, sedang ditinggal empunya. Mungkin sedang istirahat atau mungkin ke toilet. Yang duduk di balik mesin, bukan cuma orang Indonesia, ada juga sebagian turis. Saat wartawan Fajar Indonesia Network datang. Sebagian besar tertunduk. Menghindari kontak mata. Bahkan beberapa kali menolak untuk difoto. Tapi lambat laun suasana makin cair. Beberapa dari mereka mulai bertanya identitas si pewarta.

Semuanya kaum hawa. Pasti saja. Karena mereka merupakan penghuni Lapas Wanita Kelas I Tangerang. Mereka sedang menjalani masa hukuman. Kasusnya beragam. Ada yang karena narkoba, kriminal umum, juga yang karena korupsi. Masa tahanannya juga tak sama. Tapi, mereka sudah terlihat tegar menjalani masa hukumannya. Salah satu narapidana yang menyebut dirinya Hana mengaku sudah menjalani masa hukuman 18 bulan. Baru setengahnya ia jalani. Setiap hari, ia selalu pergi ke ruangan berisi mesin jahit tersebut. Dari pagi, sampai sore. Tak lupa ikut apel yang rutin di gelar siang hari.

Hana bercerita, awalnya sangat awam dengan mesin jahit. Ia mulai diajarkan teman satu selnya mengoperasikan mesin dengan penggerak motor listrik tersebut. “Awalnya kagok, tapi lama-lama saya suka. Bahkan saya juga bikin pola sendiri,” katanya, Sabtu (12/1). Kini Hana telah menemukan jati dirinya. Dia ternyata mampu mengenal jenis kain dan bahan untuk kebaya. Termasuk membuat pola membuat gaun. “Saya sudah belajar dan saya ternyata mampu,” ujarnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here