Home OLAHRAGA T. Hotspur vs Man. United (0-1), De Gea Menuju Legenda

T. Hotspur vs Man. United (0-1), De Gea Menuju Legenda

0
SHARE
David De Gea

IBUKOTA Inggris menjadi tempat terbaik kiper Manchester United David de Gea unjuk gigi. 13 bulan yang lalu di Emirates Stadium, De Gea melakukan 14 penyelamatan ketika United menang 3-1 atas Arsenal (2/12/2017).

Maka kemarin (14/1) giliran Stadion Wembley yang menjadi saksi bagaimana De Gea bekerja keras mengamankan gawangnya. Kiper 28 tahun itu melakukan 11 penyelamatan dan catatan itu menjadi rekor saves terbanyak seorang kiper di satu laga musim ini saat United menang 1-0 atas tuan rumah Tottenham Hotspur. Marcus Rashford menjadi pencetak gol tunggal di laga itu pada menit ke-44 memanfaatkan umpan jauh Paul Pogba.

“Di pertandingan ini ada 11 penyelamatan oleh David (De Gea) yang bermain luar biasa. David sangat layak mendapatkan anugerah man of the match,” testimoni pelatih Spurs Mauricio Pochettino kepada BBC.

Bek kiri Spurs Ben Davies kepada Football London pun angkat topi atas kelenturan dan keatletisan tubuh De Gea. Salah satu penyelamatan yang paling fantastis terjadi di menit ke-70 saat eks kiper Atletico Madrid itu memblok tendangan kaki kiri bek Spurs Toby Alderweireld dari jarak 3,6 meter di depan gawang dengan kaki kirinya.

“Saya mencatat ada tiga atau empat penyelamatan brilian oleh David. Kami kecewa, meski sesungguhnya kami tak bermain buruk tapi memang performa United luar biasa,” tutur Davies.

De Gea saat diwawancara Sky Sports mengatakan di babak kedua Spurs membombardir gawangnya. Statistiknya dari 11 penyelamatan oleh De Gea kemarin, delapan terjadi di babak kedua.

“Saya tak bisa mengingat mana penyelamatan yang paling baik oleh saya hari ini (kemarin, red.). Manajer (baru) memberikan kebahagiaan, seluruh pemain tampil bagus, tim ini sangat kuat, dan inilah kekuatan Manchester United yang sesungguhnya,” ucap kiper timnas Spanyol itu.

De Gea pun senang United bisa menang melawan tim enam besar lagi. Kemenangan di Stadion Wembley ini membayar lunas kekalahan United 0-3 di Old Trafford (28/8) lalu.

“Kemenangan ini memberikan kepercayaan kalau kami akan bisa finis di posisi empat besar pada akhir musim. Kami adalah Manchester United dan kami berjuang untuk ada di empat besar,” kata kiper kelahiran Madrid Spanyol itu.

Pelatih United Ole Gunnar Solskjaer memuji De Gea setinggi langit. Solskjaer bahkan berani membandingkan anak buahnya itu dengan dua kiper United yang membawa Setan Merah jadi juara Liga Champions. Yakni Peter Schmeichel (juara Liga Champions 1998-1999) dan Edwin van der Sar (juara Liga Champions 2007-2008).

“Saya bermain dengan beberapa kiper fantastis dan United secara tradisi memang dihuni oleh kiper-kiper legendaris. Kemampuan David terus berkembang dan saya rasa David adalah penantang Edwin (Van der Sar) juga Peter (Schmeichel) sebagai kiper nomor satu dalam sejarah klub ini,” tutur Solskjaer.

Solskjaer sempat dibuat deg-degan ketika babak kedua batu berjalan tiga menit. Penyerang Spurs Kane berhasil melepaskan diri dari kejaran bek United Phil Jones dan menembak dengan kaki kanan di dalam kotak penalti. De Gea dengan rileks memblokade tembakan Kane itu.

Setelah menit ke-48, penyelamatan De Gea terlihat saat mengamankan gawang dari serangan sundulan (50′) dan situasi one-on-one (66′) Dele Alli. Setelah Alderweireld digagalkan (70′), menyusul giliran peluang Kane (71′, 87′), Alli (75′), dan Fernando Llorente (89′).

Seluruh rekan De Gea mengapresiasi penyelamatan kiper bertinggi badan 192 sentimeter itu. Dalam akun media sosialnya mulai Nemanja Matic, Viktor Lindelof, dan Andreas Pereira mengunggah foto bersama De Gea di ruang ganti.

Penyerang Romelu Lukaku dalam akun Instagram-nya juga mengunggah meme kocak. Yakni De Gea sedang menarik turun rolling door di gawangnya yang bertuliskan ‘Maaf tutup di hari Minggu’. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here