Home PENDIDIKAN Belajar Demokrasi Ala SMP Darusslam Panongan, Pilih Ketua OSIS Secara Langsung

Belajar Demokrasi Ala SMP Darusslam Panongan, Pilih Ketua OSIS Secara Langsung

0
SHARE
MENCOBLOS: Siswa SMP Darussalam Panongan, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang saat memberikan hak suara pada pemilihan Ketua OSIS SMP Darussalam Panongan periode 2019-2020, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

Pesta demokrasi yang ramai menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) juga dirasakan para siswa di SMP Darussalam Panongan, Kecamatan Panongan. Gelaran pemilihan pengurus OSIS periode 2019/2020 dilakukan layaknya pemilu.

Para calon kandidat berlaga layaknya para calon pemimpin bangsa. Mereka diminta untuk berkampanye, menyampaikan visi dan misi, hingga pemilihan ketua dan perhitungan suara.

Dari hasil perhitungan suara yang dilakukan, terpilihlah Indra Maulana sebagai ketua OSIS baru. Ia memperoleh 138 suara, jauh mengalahkan dua kandidat lainnya.

Ada keunikan tersendiri dari pemilihan ketua OSIS SMP Darussalam Panongan kali ini. Mereka diwajibkan mempromosikan diri sendiri dari kelas ke kelas dan kampanye umum. Mereka sebelumnya menuliskan visi misi di atas selembar karton yang dilengkapi dengan foto diri, lalu ditempelkan ke dinding.

“Dari hasil pemungutan suara yang digelar secara langsung, umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil siswa anak nama Indra Maulana berhasil meraih 138 suara. Indah Nurlatifah berhasil meraih 38 suara, serta Laelatul Latifah hanya berhasil meraih 30 suara,’’ kata Ali, Kepala SMP Darussalam Panongan.

Kata Ali, pemilihan Ketua OSIS secara langsung itu diterapkan sebagai bentuk pembelajaran, sekaligus menanamkan pemahaman tentang demokrasi.

Kegiatan itu menjadi wujud praktik, sebagaimana yang diajarkan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. ’’Pembelajaran, sekaligus penanaman demokrasi bagi anak-anak didik, itu sangat penting untuk dilakukan. Apalagi mereka sudah besar, sehingga bisa menjadi bekal ke depannya,’’ ungkap Ali.

Sementara itu, Indra Maulana, dalam sambutannya setelah ditetapkan sebagai Ketua OSIS SMP Darussalam Panongan periode 2019-2020, memastikan kesiapan untuk menjalankan amanat sebagai Ketua OSIS terpilih. Sesuai dengan visi dan misi yang diusung, ia berjanji akan menjadikan OSIS SMP Darussalam Panongan menjadi lebih maju.

“Jabatan ini adalah amanah yang harus saya pegang teguh. Insya Allah saya akan melakukan yang terbaik demi SMP Darussalam Panongan,” tegas Indra. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here