Home TANGERANG HUB Proyek Tol Bandara Rusak Lingkungan

Proyek Tol Bandara Rusak Lingkungan

1
SHARE
BERLUMPUR: Jalan Halim Perdana Kusuma Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda, terlihat berlumpur dampak dari pembangunan proyek Tol Bandara-Kunciran, Senin (21/1). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Proyek pembangunan Tol Bandara-Kunciran dikeluhkan warga. Proyek tersebut berdampak buruk terhadap lingkungan. Jalan warga  di Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda menjadi rusak dan licin akibat tanah urugan yang tumpah ke jalan saat musim hujan.

Begitu juga saat kering, debu tanah merah yang diangkut truk sering masuk ke rumah warga. Apalagi saat musim hujan, tanah yang berada di jalan menjadi lumpur dan membuat jalanan menjadi becek karena tanah merah proyek tol Bandara.

Seperti dikeluhkan Tuti Indriwati (38), mengaku sangat kesal lantaran tanah yang berada di jalan tidak pernah dibersihkan para pekerja. Menurutnya, jalan yang tadinya bagus di aspal menjadi berlobang dan becek pada saat hujan.

“Rumah saya persis pinggir jalan, kalau panas debu masuk ke rumah. Apalagi musim hujan seperti sekarang becek banget, petugas proyek tidak pernah membersihkan tanah yang berjatuhan dari truk,”ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Binamarga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Ihsan mengatakan, telah membuat surat kepada kontraktor pembangunan tol Bandara yang berada di Kota Tangerang. Dirinya meminta agar ada perhatian khusus terkait jalan rusak yang telah dilalui mobil besar.

“Terkait masalah jalan rusak akibat pembangunan jalan tol, kami sudah rapatkan. Bahkan kami sedang mencari kepada siapa surat permohanan perbaikan jalan ini diberikan. Karena memang seharunya, jalan rusak diakibatkan proyek tersebut bisa dirapikan atau diperbaiki nantinya setelah proyek tersebut selesai,”paparnya.

Ihsan menambahkan, dirinya mengakui bahwa memang benar sepanjang jalan di Kecamatan Benda rusak parah akibat banyak kendaraan besar yang mengangkut tanah untuk proyek pembangunan tol Bandara tersebut.

“Saya sering mendapatkan laporan dari warga, baik dari instagram, facebook maupun pesan pribadi Whatsapp untuk diperbaiki jalan tersebut. Bahkan tidak hanya rusak, tanah tersebut menjadi lumpur dan itu yang sering dikeluhkan warga Benda,”ungkapnya.

Lanjut Ihsan, pihaknya akan berupaya mengatasi keluhan warga yang saat ini wilayahnya sedang ada pembangunan tol Bandara. Untuk saat ini pihaknya juga akan meminta kepada timnya untuk membantu membersihkan tanah di jalan.

“Dalam waktu dekat surat permohonan perbaikan jalan akan kami kirimkan segera. Kami juga akan menurunkan sementara anggota kami untuk membersihkan jalan yang ada tanah merahnya agar mengurangi becek dan debu saat hujan maupun panas,” tutupnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here