Home NASIONAL Stop Hoaks, Kirim Pesan di WA Dibatasi

Stop Hoaks, Kirim Pesan di WA Dibatasi

0
SHARE
HOAKS: Seorang pelajar sedang mengirim pesan menggunakan smartphone. Penyedia aplikasi Whatsapp membatasi pengiriman pesan berantai untuk mencegah penyebaran hoaks. FOTO: Doni/Baraya

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akhirnya bertemu dengan dengan Vice President Public Policy and Communications WhatsApp, Victoria Grand di Kantor Kementerian Kominfo, kemarin (21/1). Dalam pertemuan itu dibahas upaya menekan kabar bohong (hoaks) yang dewasa ini merebak. WhatsApp (WA) sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, menjadi saran penyebaran hoaks.

Platform instan messaging WA merilis fitur baru. Fitur tersebut adalah Forwarding Limit yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran hoax di WhatsApp melalui metode pesan berantai atau broadcast jelang pemilihan presiden (Pilpres). Di fitur baru itu, pengiriman pesan dibatasi. Satu pesan hanya bisa dikirim ke 5 kontak. Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand menjelaskan, terkait dengan tahun politik, yang juga membawa dampak persaingan yang panas antar pendukung masing-masing pasangan calon. “WhatsApp sudah melakukan serangkaian inisiatif menghadapi pilpres. Salah satunya adalah dengan fitur Forwarding Limit,” katanya di konferensi pers di Jakarta, Senin (21/1).

Menurut dia, fitur tersebut akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi palsu atau hoaks (PIxabay). Lebih jauh, dirinya menyebut fitur tersebut dirilis sebagai upaya WhatsApp mengurangi viralnya pesan yang beredar di WhatsApp. “Caranya dengan fitur Forwarding Limit. Jadi forward atau teruskan pesan dikurangi. Satu pengguna hanya dapat meneruskan atau memforward lima pesan yang sama ke kontak mereka,” jelasnya.

Menurut dia, fitur tersebut akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi palsu atau hoax. Sebab penyebaran informasinya dibatasi dengan Forwarding Limit. Inisiatif ini juga akan membawa dampak positif dan platform WhatsApp akan semakin aman lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here