Home TANGERANG HUB Polisi Udara Tawarkan Heli untuk Tangsel

Polisi Udara Tawarkan Heli untuk Tangsel

426
1
SHARE

CIPUTAT-Markas Polisi Udara berada lapangan terbang Pondok Cabe, Pamulang. Meskipun keberadaannya di Tangsel namun, saat ini belum ada kerjasama dengan Pemkot Tangsel.

Asda III Kota Tangsel Teddy Meiyadi mengatakan, markas polisi udara ada di Tangsel, tapi belum ada kerja sama atau melakukan sesuatu bersama yang bermanfaat untuk masyarakat Tangsel.

“Beberapa waktu lalu, Direktur Polisi Udara Brigjen Anang Syarif menawarkan kerja sama dengan Pemkot Tangsel,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (30/1).

Teddy menambahkan, kerja sama yang ditawarkan tak lama setelah kunjungan Presiden Joko Widodo di Tangsel yang menggunakan lapangan terbang. Pak Anang mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Tangsel yang telah memperbaiki jalan menuju markas polisi udara. Namun, polisi udara belum memberi kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat Tangsel.

“Ibu walikota ditawari dan bisa menggunakan helikopter. Saya juga dipanggil bu wali dan ditanya apa yang bisa dikerjasamakan,” tambahnya.

Masih menurut Teddy, tawaran tersebut merupakan kesempatan yang baik. Ada beberapa kerja sama yang bisa dilakukan bersama polisi udara, seperti dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) untuk penanganan kebakaran, BPBD untuk penanganan bencana, Dispora untuk kerja sama menyelam, dan dengan Dinas Sosial.

“Tangsel punya relawan dari BPBD, Balakar dan Tagana, polisi udara siap melatih karena memiliki tempat pelatihan tersebut,” jelasnya.

Teddy menjelaskan, dahulu dinas pertanian pernah kerjasama dengan polisi udara untuk mengirim pohon menggunkaan pesawat dalam Apeksi. Tawaran kerja sama yang diberikan tentunya akan mempermudah Pemkot Tangsel dalam membantu daerah lain yang terkena bencana.

Contoh bencana di Palu, dahulu selalu kerja sama dengan Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan sekarang bisa dengan polisi udara. Sebelum kerja sama dilakukan polisi udara akan ekspose dulu tentang apa yang dimiliki dan apa yang bisa dilakukan.

“Minggu depan kita akan kunjungan ke markas polisi udara. Nantinya akan dibuat MoU antar polisi udara dan Pemkot Tangsel, kemudian akan dianggarkan untuk pelaksanaannya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Kota Tangsel Uci Sanusi mengatakan, tawaran kerjasama yang dilakukan polisi udara sangat bermanfaat bagi Tangsel dan khususnya bila terjadi kebakaran di gedung tinggi.

“Saat terjadi kebakaran di gedung bertingkat dan permukiman luas, helikopter juga bisa dipakai untuk angkat korban dan melakukan pemadaman,” ujarnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here