Home NASIONAL Jangan Beri Ruang Eks Koruptor

Jangan Beri Ruang Eks Koruptor

0
SHARE
UMUMKAN CALEG EKS KORUPTOR: Para komisioner KPU mengumumkan nama-nama Caleg mantan terpidana korupsi, di Media Center KPU, Jakarta, Rabu (30/1) malam. FOTO: Humas KPU

JAKARTA – Pasca diumumkannya 49 nama caleg mantan koruptor, sejumlah pengamat angkat bicara. Mereka menilai, tidak sepatutnya orang yang telah membuat kesalahan menyelewengkan uang negara bisa terpilih lagi dan memberi ruang.

Pengamat Politik, Ray Rangkuti mengatakan, ada beberapa alasan nama caleg tersebut kembali dijagokan oleh partai. Mulai dari berjasa kepada partai, memiliki elektabilitas yang cukup tinggi, dan bisa mambiayai diri sendiri untuk maju dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

Rangkuti meyakini, pasca diumumkannya nama-nama tersebut, tidak akan berpengaruh banyak kepada tingkat elektabilitas. Alasannya, para kandidat wakil rakyat tersebut sudah lebih dahulu bekampanye. Mereka sudah memiliki jaringan sendiri, jumlah pendukung yang bisa dikatakan pasti, dan terakhir adalah kepercayaan masyarakat yang sudah mereka ambil.

“Efeknya pasti ada, tetapi tidak akan drastis mempengaruhi elektabilitas. Mereka sudah terlebih dahulu melakukan kerja-kerja politik,” katanya seperti dilansir Fajar Indonesia Network di Jakarta, Kamis (31/1).

Ia juga menyayangkan, jika nantinya nama-nama yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) ada yang lolos menjadi wakil rakyat. “Seharusnya masyarakat tidak memberi ruang bagi mereka. Karena sudah jelas, ada yang lebih baik,” tambahnya.

Terpisah, Pengamat Politik Emrus Sihombing mengatakan, jika majunya calon legislatif yang pernah tersandung kasus korupsi adalah politik yang salah kaprah.

Menurut Emrus, majunya calon legislatif seharusnya berdasarkan politik kepercayaan. Calon yang diusung harus mempu meyakinkan partai ataupun publik. Salah satunya adalah bersih dari kasus hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here