Home TANGERANG HUB Tak Punya SIM Malas Pakai Helm, Mayoritas Pelanggaran Lalin di Tangsel

Tak Punya SIM Malas Pakai Helm, Mayoritas Pelanggaran Lalin di Tangsel

1
SHARE
MELANGGAR: Sejumlah pengendara sepeda motor diminta menunjukkan surat kelengkapan kendaraan saat razia Satlantas Polres Tangsel di Taman Tekno, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekpres

SERPONG-Di Kota Tangsel pelanggaran pengendara lalu lintas (lalin) didominasi tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Seperti yang terlihat dalam razia yang dilaksanakan di Jalan Tekno Widya Serpong (depan taman Kota II) yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel, Kamis (31/1).

Kanit Turjawali Polres Tangsel Ipda Agus Sutrisna mengatakan, kepemilikan SIM bertujuan untuk menentukan kelayakan masyarakat dalam berkendara.

“Ini semua menyangkut keselamatan dan keamanan masyarakat dalam berkendara,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (31/1).

Agus menambahkan, dalam razia tersebut anggotanya menindak pengendara yang tidak memiliki SIM. Polisi juga memeriksa STNK dan juga SIM dari pengendara. “Jadi, tidak hanya helm dan atribut lainnya, ini kita lakukan juga untuk memberikan kebaikan dan keamanan masyarakat,” tambahnya.

Masih menurut Agus, bila pengendara sudah mematuhi peraturan lalin, maka masyarakat akan nyaman saat berkendara. Tujuannya untuk keselamatan sendiri dan yang penting selalu gunakan helm standar. “Kalau pengendara sudah punya SIM maka mereka punya kompetensi untuk bawa kendaraan,” jelasnya.

Masih menurutnya, setiap melakukan razia sekitar 100 pengendara kena tilang. Mulai dari tidak punya SIM, tidak pakai helm, tidak bawa STNK dan kelengkapan kendaraan tidak lengkap. Dari 100 pengendara yang ditilang, 25 persen atau 25 pengendara tidak memiliki SIM, kemudian disusul tidak pakai helm dan lainnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here