Home PENDIDIKAN Universitas Pembangunan Jaya, Startup Company Diminati Generasi Muda

Universitas Pembangunan Jaya, Startup Company Diminati Generasi Muda

0
SHARE
PEMAPARAN: Program Studi Psikologi, Universitas Pembangunan Jaya, Kota Tangsel menyelenggarakan seminar Merancang Sistem Human Resources yang efektif, Sabtu (2/2). FOTO: Univ. Pembangunan Jaya for Tangerang Ekspres

PONDOK AREN – Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya, Kota Tangsel menyelenggarakan seminar Merancang Sistem Human Resources yang Efektif, bekerjasama dengan PT Fontainne Fonbright Indonesia, Sabtu (2/2).

Kepala Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya, Gita Soerjoatmodjo mengatakan, perkembangan startup company di Indonesia menunjukkan kemajuan pesat. Pada 2018 lalu, Indonesia duduk diurutan empat dunia menurut data startup ranking berkat peran unicorn startup yang merambah ke pasar global.

Prediksi untuk 2019 ini, perkembangan pesat startup bidang financial technology (fintech), pendidikan, kesehatan juga agrikultur. Hal ini tak bisa dilepaskan dari karakteristik generasi milenial yang memilih berkarir di startup company.

“Penting memperhatikan tren ini mengingat pada 2030 generasi milenial inilah yang menggerakkan bonus demografi Indonesia,” ujar Gita.

Dia menjelaskan, psikologi memiliki peran mendukung startup company dalam menyiapkan human resource system yang efektif.

“Startup company perlu struktur organisasi, pembagian tugas, proses kerja serta standar ukuran kerja yang menggerakkan sumber daya dengan efisien, mengingat sistem kerja dan jumlah tenaga perlu dikelola cermat,” kata dia.

Salah seorang pembicara Richard Nitihardja, dari Fonbright yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang pengembangan SDM pada perusahaan multinasional termasuk family business – konteks yang sangat relevan untuk startup company, yang banyak berawal dari keluarga dengan aspirasi mendunia.

Berbekal psikologi, Richard Nitihardja berkiprah di bidang restrukturisasi organisasi, peningkatan produktivitas kerja, manajemen kinerja terukur, pelatihan dan pengembangan budaya organisasi.

“Yang membedakan SDM di startup company dengan perusahaan lainnya adalah kebutuhan akan SDM yang memiliki fleksibilitas berpikir, mampu menganalisa dan melakukan sintesa atas perbagai temuan yang ada, menunjukkan integritas dan berinisiatif dalam bekerja.” terang Richard Nitihardja.

Peserta pelatihan ini datang dari para praktisi HR – salah satunya adalah Grimaldie Joshua, mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya yang saat ini bekerja sebagai praktisi HR di Denny’s Boga.

“Training ini mencakup diskusi cara dan sistem kerja dalam startup company. Pembahasan kali ini ditekankan pada seputar job description, serta tugas dan tanggungjawab tiap orang dalam organisasi tersebut,” kata Grimaldie Joshua.

Kegiatan ini terlaksana berkat keterlibatan dunia akademisi, praktisi industri, sampai mahasiswa dan alumni melalui kemitraan strategis. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here