Home TANGERANG HUB Pemilihan BPD Lembang Sari Memanas

Pemilihan BPD Lembang Sari Memanas

0
SHARE
PEMAPARAN: Personil TNI memberikan pemaparan soal keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan BPD Lembang Sari di Perumahan Taman Kota, Desa Lembang Sari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Selasa (5/2). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

RAJEG – Pemilihan anggota badan permusyawaratan desa (BPD) Lembang Sari,  Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang mulai memanas. Penyelenggaraan pemilihan anggota BPD Lembang Sari periode 2019 – 2025, yang diikuti lima calon anggota BPD ini awalnya berjalan normal. Namun, suasana mulai menegang ketika salah satu calon anggota BPD dengan nomor urut dua, Ahmad Fudoli memaparkan visi misi di hadapan umum.

Selain memaparkan visi dan misinya, Fudoli  menyatakan kekecewaannya terhadap penyelenggaraan pemilihan anggoa BPD Lembang Sari dalam kesempatan tersebut. Alhasil, ia diminta tidak membahas tentang persoalan di luar visi misi. Tak hanya itu, ia diminta berhenti memberikan pemaparan.

Saat ditemui Tangerang Ekspres, Fudoli mengatakan, dia mencalonkan diri sebagai calon anggota BPD Lembang Sari, bertujuan untuk membuka kepada publik soal dugaan ketidaktransparan penyelenggaraan pemilihan anggota BPD Lembang Sari periode 2019 – 2025.

“Misalkan, tidak ada sosialisasi pemilihan anggota BPD Lembang Sari secara terbuka. Tidak ada musyawarah pembentukan panitia pemilihan anggota BPD Lembang Sari,” kata  Fudoli, setelah acara pemilihan anggota BPD Lembang Sari, di Perumahan Taman Kota, kemarin.

Ia mengungkapkan, sosialisasi pemilihan anggota BPD dilakukan tidak secara terbuka pada 7 Januari hingga 13 Januari 2019. Kemudian, tidak ada musyawarah pembentukan kepanitiaan pemilihan anggota BPD di Kantor Desa Lembang Sari, Kecamatan Rajeg.

“Bahkan, saat saya coba daftar menjadi anggota BPD, tidak ada panitia yang standby di Kantor Desa Lembang Sari pada 18 Januari 2019 lalu. Akhirnya, saya bisa daftar setelah ada salah satu panitia pemilihan anggota BPD datang ke rumah saya ambil berkas persyaratan milik saya,” tuturnya.

Selain itu, ia membeberkan, struktural kepanitian pemilihan anggota BPD Lembang Sari berdasarkan surat edaran yakni, kepala desa sebagai penanggungjawab, kasi pemerintahan desa sebagai ketua panitia, kaur perencanaan desa sebagai sekretaris panitia, sedangkan anggota panitia diisi masyarakat.

“Tapi ada salah satu jaro jadi anggota panitia. Lalu kasi pelayanan desa juga jadi kepanitiaan pemilihan anggota BPD,” bebernya.

Sebagai penanggungjawab penyelenggaraan pemilihan anggota BPD, Eliyah, Kepala Desa Lembang Sari mengatakan, pihaknya sudah memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan anggota BPD Lembang Sari secara transparan. Dengan begitu, bisa dilihat dari antusias pendaftar calon anggota BPD.

“Bahkan, jumlah pendaftar mencapai 28 orang calon anggota BPD dari enam RW di Desa Lembang Sari,” kata wanita yang akrab disapa Lurah Eli, saat dikonfirmasi Tangerang Ekspres.

Selanjutnya, musyawarah pembentukan kepanitiaan pemilihan anggota BPD Lembang Sari diikuti seluruh RT dan RW di Desa Lembang Sari. Jadi, semua tahapan pelaksanaan pemilihan anggota BPD sudah dilaksanakan sesuai aturan yang ada.

Terpenting, lanjutnya, kedepan seluruh anggota BPD Lembang Sari periode 2019 sampai 2025 yang terpilih, dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) mereka dengan baik untuk memajukan Desa Lembang Sari. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here