Home OLAHRAGA TCR Gelar Imlek Run 2019, Susur Sejarah dengan Berlari

TCR Gelar Imlek Run 2019, Susur Sejarah dengan Berlari

0
SHARE
PAGI BUTA: Peserta Imlek Run merayakan tahun baru China dengan berlari dengan beberapa pos perhentian di Vihara yang masih sepi pengunjung pada pagi hari jelang perayaan Imlek. FOTO: Humas Tangerang Crazy Runners for Tangerang Ekspres

SUKSES menyelenggarakan lari bersama bertema Imlek Run di Tangerang dalam beberapa tahun terakhir, membuat Tangerang Crazy Runners (TCR) kembali menggelar hal serupa pada perayaan Imlek 2019 atau tahun 2570 dalam kalender Tionghoa.

Dalam kegiatan yang digelar, 5 Februari 2019 tersebut ada yang berbeda dilakukan Melda Apriani member TCR. Ya, disaat warga keturunan Tionghoa berkumpul dengan keluarga untuk merayakan Imlek, Melda memilih berlari bersama teman-teman komunitas sejauh 9 kilometer.

“Saya senang karena bisa memeriahkan Imlek dengan cara yang berbeda,” kata Melda Apriani yang ikut tergabung juga di komunitas Onyx Fit Club.

Bertempat di Mall Tangerang City sebagai lokasi start, para peserta berkumpul dengan baju berwarna merah, sesuai dengan tema Imlek sendiri. Rute dimulai dengan berlari menyusuri sejarah Tiongkok pada zaman dahulu, seperti Lithang Khongcu Bio, serta Vihara Nimmala Boen San Bio.

Pergerakan peserta berhenti sejenak untuk berfoto bersama di salah satu titik ikonik kota Tangerang yaitu Jembatan Kaca Cisadane dan masuk ke lokasi Kampung Bekelir yang kaya dengan sejarah.

Sekadar info, Imlek Run yang diselenggarakan oleh TCR sudah dilaksanakan sejak tahun 2013. “Cukup bangga karena komunitas kita bisa secara konsisten berbagi inspirasi dengan runners di Tangerang,” tambah Jan Arthur, Ketua Muda Komunitas TCR yang terkenal dengan warna merah muda (pink).

Tradisi Imlek Run mengalami transformasi sejak tahun 2018 dimana digelar bukan hanya untuk anggota TCR, tapi juga mengundang beberapa komunitas olahraga di seputaran Tangerang. Hal ini dilakukan untuk lebih menjalin keakraban dan solidaritas antar sesama komunitas penggiat olahraga.

Beberapa komunitas olahraga Tangerang yang ambil bagian dalam Imlek Run kali ini diantaranya TNG Runners, Onyxfitclub, Freeletics Tangerang, More Run Ciputat Runners, BSD Runners. Total peserta kali ini mencapai 105 orang.

“Respek tinggi saya berikan untuk TCR yang sudah mengadakan acara lari bersama dalam suasana Imlek ini untuk memberikan ingatan lama akan kebersamaan dalam keragaman yang saat ini sudah mulai pudar”. kata Gunadi yang tergabung dari komunitas Onxy Fit Club.

“Menjadi kebanggaan tersendiri bagi TCR karena bisa ikut ambil bagian dari keragaman budaya agama di Indonesia khususnya di Tangerang. Kami berharap dengan kegiatan Imlek Run di sini juga bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia budaya agama di Indonesia,” tutup Dennis Irwin sebagai Ketua Pelaksana Imlek Run 2019. (jat/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here