Home PENDIDIKAN SMK Permata Kemiri Buka Bengkel Motor, Lulus Siap Hadapi Dunia Kerja

SMK Permata Kemiri Buka Bengkel Motor, Lulus Siap Hadapi Dunia Kerja

0
SHARE
SERVICE MOTOR: Salah seorang warga menservice sepeda motor jenis matic di bengkel SMK Permata Kemiri, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang yang merupakan binaan PT AHM, Rabu (13/2). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

KEMIRI –  Perawatan rutin kendaraan menjadi hal yang perlu dilakukan untuk menjaga performa mesin agar tetap nyaman dan aman saat dikendarai. Bicara soal perawatan sepeda motor sudah pasti erat kaitanya dengan mekanik dan bengkel.

Ada satu bengkel di Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang yang mekaniknya masih berstatus pelajar. Bengkel milik SMK Permata Kemiri ini, merupakan binaan dari PT Astra Honda Motor (AHM).

“Ini masuk ke dalam proses belajar dan karena ini program pemerintah Teaching Factory, tentu dibagi tugasnya pada setiap murid ada yang menjadi mekanik, asisten mekanik dan ini pun bergantian setiap kelas ketika ada pelajaran jurusan. Tentunya didampingi kepala bengkel dari dewan guru yang merupakan praktisi bengkel profesional,” ungkap Eka Adi Putra, Kepala SMK Permata Kemiri, yang ditemui di Bengkel SMK Permata Kemiri, yang lokasinya tidak jauh dengan Kantor Kecamatan Kemiri, Rabu (13/2).

Menurut Eka, kegiatan yang sudah berjalan selama empat bulan ini membuat masyarakat terbantu. Setiap hari, bengkel ini bisa melayani sedikitnya lima sampai 10 unit sepeda motor milik masyarakat umum.

Kata Eka, siswa yang melakukan servis merupakan siswa yang sudah dibekali dengan cukup ilmu mengenai sepeda motor.

“Bentuk pembinaan yang berikan tidaklah sembarangan, setiap siswa sebelumnya mendapatkan pembinaan dari Honda. Standar pelayanan dan special tools atau peralatan bengkel khusus untuk sepeda motor Honda sebagai sarana belajar,” kata Eka.

Hal ini menurutnya bertujuan agar bengkel yang dikelola siswa SMK Permata Kemiri kondisinya sama dengan sengan bengkel resmi Honda, dengan harapan saat lulus nantinya para siswa tidak terkejut lagi dengan budaya kerja yang ada. Bahkan siswa yang sudah lulus dan mahir, akan direkrut oleh pihak Honda, untuk mereka tempatkan di bengkel resmi yang mereka miliki. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here