Home TANGERANG HUB Kegiatan Tidak Terealisasi, APBDesa Tetap Aman

Kegiatan Tidak Terealisasi, APBDesa Tetap Aman

0
SHARE
RAKOR: Suasana ekpose laporan pertanggungjawaban APBDesa 2018, di AUla Kantor Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Sabtu (16/2). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – Pemerintah Kecamatan Pakuhaji menyelenggarakan ekpose laporan petanggung jawaban anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDesa) 2018 di Aula Kantor Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Sabtu (16/2). Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan instruksi Bupati Kabupaten Tangerang.

“Dalam kesempatan ini, kepala desa kami minta mengekspos hasil pelaksanaan yang dibiayai dana desa (DDS), alokasi dana desa (ADD), dana bagi hasil pajak dan retribusi selama tahun 2018 lalu,” kata Yandri, disela kesibukannya kepada wartawan, Sabtu (16/2).

Tujuannya, ia menyebutkan, kegiatan ekspos ini untuk mengetahui realisasi pelaksanaan kegiatan APBDesa. Kemudian, mengetahui hambatan dalam pelaksanaan kegiatan yang besumber dari APBDesa. Dan, mengetahui kegiatan yang belum terealisasi dari APBDesa.

Telah diketahui, ungkapnya, ada sejumlah pemerintah desa di Kecamatan Pakuhaji, yang belum bisa merealisasikan kegiatan pengadaan kendaraan roda empat dan dua. Dengan begitu, anggaran yang di alokasikan untuk kendaraan operasional desa itu disilpakan atau dikembalikan ke kas desa.

“Pada saat itu, hambatannya karena waktu saja, sebab proses pengadaan mobil cukup lama. Jadi, dari pada dipaksakan lebih baik disilpakan, sebab masih bisa dilaksanakan pada APBDesa tahu 2019 tahap satu atau dua,” jelasnya.

Selebihnya, ia menyebutkan, sebanyak 13 desa di Kecamatan Pakuhaji, dinilai baik dalam merealisasikam kegiatan yang bersumber dari APBDesa 2018 lalu. Sehingga, kedepan kepala desa semakin meningkatkan kinerja kembali atau tidak merasa puas dengan apa yang sudah dikerjakan.

Sementara itu, Sutisna, Kepala Desa Boni Sari mengatakan, dia menyambut kegiatan ekpose laporan pertangungjawaban APBDesa 2018, sebab kegiatan ini sebagai pencegahan kesalahan yang disenga maupun yang tidak disengaja oleh para kepala desa di Kecamatan Pakuhaji.

Di sisi lain, kegiatan ini adalah wujud pertanggungjawaban kepala desa kepada publik, sehingga kedepan kinerja kepala desa akan semakin baik untuk membangun desa masing-masing. Alhasil, desa-desa di Kabupaten Tangerang semakin gemilang.

“Setelah ada kegiatan ekspose laporan pertanggung jawaban APBDesa ini, Insya Allah kedepan kinerja kepala desa akan semakin baik lagi,” harapnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here