Home TANGERANG HUB BLK Kurangi Pengangguran

BLK Kurangi Pengangguran

0
SHARE
PELATIHAN: Warga Kota Tangerang dilatih keterampilan khusus di Balai Latihan Kerja (BLK). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Guna menekan angka pengangguran, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) memberdayakan masyarakat dengan keahlian melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

Masyarakat yang pendidikannya rendah bisa memiliki keahlian untuk bekerja bahkan membuat usaha sendiri. Ada beberapa jenis keahlian yang diberikan diantaranya, menjahit, mengelas, security, montir serta keahlian bidang komputer.

Menurut Kepala Disnaker Kota Tangerang Rakhmansyah, sudah membuat BLK untuk membantu masyarakat Kota Tangerang agar mempunyai keahlian. Selain itu, dengan adanya BLK bisa menekan angka pengangguran yang ada di Kota Tangerang.

“Kita mempunyai 3 BLK diantaranya BLK di Larangan, Cibodas serta Benda. Dari seluruh BLK tersebut telah mencetak masyarakat yang mempunyai skill atau kemampuan sesuai bidang yang mereka inginkan,”ujarnya.

Rakhmansyah mengatakan, biasanya rata-rata yang masuk dalam BLK pendidikanya mulai dari SD hingga SMP. Ada juga SMA akan tetapi itu untuk program keahlian komputer. Dimana perusahaan kebanyakan membutuhkan lulusan SMA.

“Kalau untuk lulusan SD dan SMP mereka kebanyakan mengambil program keahlian las, montir, dan menjahit. Setelah mereka lulus bisa membuka usaha atau bisa bekerja di tempat yang diinginkan karena memang sudah dibekali keahlian yang mereka pelajari selama 56 hari,”paparnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2017 ada 310 orang dan tahun 2018 ada peningkatan kelulusan yakni sebanyak 380 orang yang telah mendapatkan skill dari para mentor dimasing-masing BLK.

“Tahun lalu ada beberapa orang telah bekerja di kapal laut untuk melakukan pengelasan. Dari situ saja kami membuktikan semua lulusan dari BLK yang kita miliki mempunyai skill atau kemampuan untuk bisa bekerja ataupun wirausaha,”tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here