Home BANTEN Anggota Kodim Cilegon Dites Urine

Anggota Kodim Cilegon Dites Urine

0
SHARE
TES URINE: Anggota Kodim 0623/Cilegon menjalani tes urine di Markas Kodim 0623/Cilegon, Kota Cilegon, Selasa (26/2). FOTO: RBN/Banten Ekspres

CILEGON – Untuk membuktikan bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba), sejumlah anggota TNI yang bertugas di Kodim 0623/Cilegon menjalani tes urine. Tes dilakukan di Markas Kodim 0623/Cilegon, Kota Cilegon, Selasa (26/2) pagi.

Tes itu dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cilegon sekitar pukul 09.30 WIB. Secara bergantian, satu per satu anggota kodim baik yang bertugas di markas kodim maupun di koramil-koramil dan babinsa mengambil wadah kecil untuk menampung urine.

Usai mengisi wadah yang telah dinomori itu dengan urine, anggota TNI itu menyerahkan kembali wadah itu ke petugas BNN untuk dites menggunakan test strip narkoba.

Kasdim 0623/Cilegon, Mayor Inf. Dudi Dwiriyadi menjelaskan tes urine itu merupakan agenda rutin Kodim 0623/Cilegon untuk mengetahui tingkat kepatuhan anggota dalam hal narkoba. “Sejauh ini belum ada anggota yang ditemukan terbukti menggunakan narkoba,” ujar Dudi kepada wartawan.

Menurut dia, sanksi berat menunggu setiap anggota yang terbukti mengonsumsi barang haram tersebut. Sanksi yang dimaksud adalah pencopotan jabatan hingga pemecatan dari korps TNI.

Sebelum dilakukan tes, para anggota TNI itu pun mengikuti sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran narkoba yang disampaikan oleh penyuluh dari BNN.

Sementara itu, Penyuluh Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Cilegon, Nunung Nurhayati mengatakan pemeriksaan itu dilakukan sebagai bentuk kerjasama antara Kodim 0623/Cilegon dan BNN Kota Cilegon. Ia menilai kegiatan seperti itu kerap dilakukan setiap tahun.

Menurut dia, pada pemeriksaan kali ini belum ada anggota kodim yang terindikasi mengkonsumsi narkoba. “Nanti hasilnya kita kaji lagi. Kalau ada, nanti kita laporkan ke kantor,” ujarnya. (rbn/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here