Home TANGERANG HUB Surat Pengantar RT Dibikin Digital

Surat Pengantar RT Dibikin Digital

1
SHARE

TANGERANG – Surat pengantar RT untuk keperluan administrasi kini tak berbentuk fisik lagi. Kertasnya dibikin digital melalui aplikasi yang diberi nama SiWarga. Ini aplikasi baru yang dilaunching Walikota Arief R Wismansyah di acara paripurna HUT ke-26 Kota Tangerang, Kamis (28/2).

Aplikasi ini wajib dimiliki seluruh RT dan RW se-Kota Tangerang. Karena nantinya, warga yang akan memerlukan surat pengantar atau keterangan dari RT pakai aplikasi ini. Arief menyampaikan, aplikasi dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepada masyararakat dengan cara mengisi data secara mandiri yang kemudian dipergunakan untuk mengurus persyaratan ke pemerintah kota.

“Masyarakat bisa menggunakan aplikasi SiWarga sebagai pilihan. Yang manual tetap dilayani tapi secara online ini jauh lebih mudah, cepat dan transparan,” ujarnya.

Aplikasi SiWarga, jelas Arief, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah semakin berkembang. “Jadi warga mantau langsung, kalau dia bikin surat pengantar atau surat keterangan misalnya, sudah sampai mana nih prosesnya dan kapan selesainya ada notifikasinya. Jadi nggak usah nenteng-nenteng berkas. Ribet,” tukas Arief.

Selain itu, kata Arief, aplikasi ini untuk mengurangi penggunaan kertas. Karena pemerintah kota merencanakan program paperless pada tahun 2020. “Ini dimulai dari sekarang program paperless. Tahun depan administrasi kita terapkan sudah  digital semua,” kata Arief.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here