Home BANTEN Pelaksanaan MTQ Banten Dimajukan

Pelaksanaan MTQ Banten Dimajukan

0
SHARE
TUGU KP3B: Tugu gerbang Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) kokoh berdiri di depan Jalan Syeh Nawawi Al Bantani, Curug, Kota Serang. FOTO: Dok. Banten Ekspres

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran memajukan pelaksanaan MTQ ke-16 tingkat Provinsi Banten yang akan dilaksanakan di Kota Tangerang. Pelaksanaan MTQ semula dijadwalkan pada 4-8 April 2019, namun panitia memajukan waktu pelaksanaan menjadi 25-29 Maret 2019.

Ketua Harian LPTQ Banten, Syibli Sarjaya mengatakan majunya pelaksanaan MTQ itu dikarenakan berbenturan waktu dengan pelaksanaan pendaftaran Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di pusat. Selain itu, pada April juga ada pelaksanaan pemilu dan pilpres 2019.

“Kalau dipaksakan digelar di April hasilnya tidak bisa didaftarkan, makanya dimajukan. Lalu, ada masukan juga dari Pak Gubernur, karena tahun ini tahun politik, lalu waktunya mepet sama waktu pencoblosan makanya dimajukan di Maret,” katanya saat ditemui di KP3B, Kota Serang, akhir pekan kemarin.

Ia mengaku pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemkot Tangerang terkait persiapan-persiapan menjelang pelaksanaan MTQ. “Sudah koordinasi dengan Pak Walikota, Pak Wakil Walikota, Pak Sekda, dan Pak Asda II. Pada intinya mereka (Pemkot Tangerang) sudah siap. Jadi pelaksanaan ini panitianya dibagi dua. Kalau MTQ-nya itu LPTQ dan kalau soal seremonila dan sebagainya itu panitia lokal, dalam hal ini Pemkot Tangerang,” ujarnya.

Dalam penetapan pelaksanaan MTQ juga, kata Syibli,  LPTQ telah menetapkan Kota Tangerang Selatan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-17 tingkat Provinsi Banten pada 2020 mendatang. “Penunjukan MTQ 2020 sudah turun SK-nya. Insya Allah 2020 itu Kota Tangerang Selatan (sebagai tuan rumah),” ujarnya.

Mengenai cabang yang dilombakan, mantan Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten itu menjelaskan panitia telah menetapkan sebanyak 10 cabang dengan 27 golongan yang akan dilombakan dalam MTQ ke-16 tingkat Provinsi Banten. Dari 10 cabang, dua di antaranya adalah cabang muatan lokal yaitu qirotul kutub dan hadis.

“Ada 10 cabang dan 27 golongan yang akan dilombakan. Cabang-cabang itu adalah tilawah, qiroatul quran, murotal, tafsir, khat (kaligrafi), syarhil, fahmil, MMQ (musabaqah makalah Quran), qirotul kutub, dan hadist. Dua terakhir itu muatan lokal,” ujarnya.

Syibli juga mengatakan selain ingin menambah kearifan lokal, penambahan dua cabang itu dilakukan sebagai persiapan jangka panjang pelaksanaan MTQ nasional di 2020. Sebab, cabang hadis akan mulai dilombakan di tahun tersebut.

“Yang delapan (cabang) dilombakan di tingkat nasional, tapi di 2020 nanti ternyata hadis akan dilombakan juga di nasional. Sebagai persiapan lah,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here