Home BANTEN Bocor, KPU Kabupaten Pindahkan Logistik Pemilu

Bocor, KPU Kabupaten Pindahkan Logistik Pemilu

0
SHARE
LOGISTIK PEMILU: Anggota Polres Serang Bripda Hartanto berjaga-jaga di gudang baru logistik Pemilu 2019 KPU Kabupaten Serang di Bangdes, Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (11/3). FOTO: Sutanto/Banten Ekspres

SERANG – Akibat bocor, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang memindahkan seluruh logistik Pemilu 2019 dari gudang semula di Jalan Ayip Usman, Kota Serang ke gudang baru di Bangdes, Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Logistik pemilu itu antara lain kotak suara dan bilik suara. Di gudang yang baru itu juga disimpan surat suara untuk DPR RI sebanyak 600 ribu.

“Kita khawatir musim penghujan terus , khawatir air masuk ke dalam,” kata Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar saat ditemui wartawan di kantornya, Jalan Kitapa, Cilame, Kota Serang, Senin (11/3) pagi.

Menurut dia, gudang di Ayip Usman sudah tidak digunakan dan dikosongkan. Gudang yang baru, kata dia, dipastikan cukup untuk menampung seluruh logistik pemilu karena memiliki tiga gudang dalam satu tempat. Selain itu nanti akan dilakukan pergeseran logistik di luar suara ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada pertengahan atau akhir bulan ini.

“Gudang yang baru itu selain diisi dengan logistik pemilu dari gudang lama juga 600 ribu surat suara DPR RI dari total kebutuhan untuk surat suara DPR RI 1.200.000 lebih. Sisanya sedang dikoordinasikan dengan KPU provinsi dan KPU RI kapan dari pihak percetakan dikirim, kita belum terima jadwal pastinya” ujarnya.

Ditanya apakah ada surat suara atau logistik pemilu lain yang rusak, Abidin mengatakan untuk surat suara dirinya belum mengeceknya. Adapun untuk logistik lain seperti kotak suara dan bilik suara ditemukan kerusakan tapi sudah diganti. “Untuk bilik suara dalam ketentuan apabila kurang, bisa gunakan bilik suara yang tahun kemarin,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang, Yadi meminta kepada KPU Kabupaten Serang agar berhati-hati dalam penyimpanan logistik pemilu. “Pastikan jumlah dan jenis surat suara dan kelengkapan TPS (tempat pemungutan suara) lainnya,” katanya.

Pantauan, gudang KPU yang baru di Bangdes, Kota Serang dijaga selama 24 jam oleh anggota Polres Serang sebanyak tiga orang. Ketiga gudang di tempat itu dalam keadaan tergembok. “Yang memegang kunci gembok anggota KPU, kalau kita hanya melakukan penjagaan,” kata Bripda Hartanto saat ditemui di gudang. (tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here